Penting, Ketahui Tanda-tanda HP Kamu Mau Meledak

Penting, Ketahui Tanda-tanda HP Kamu Mau Meledak

Ilustrasi (Foto: Repair Center)

Jakarta - Kasus HP meledak sudah beberapa kali melanda. Beberapa kali, nyawa orang pun harus melayang karenanya. Maka dari itu, penting untuk menjaga HP dan memperhatikan tanda-tanda baterai atau HP yang akan meledak.

Melansir dari detikINET, berikut ini adalah tanda-tanda baterai HP terancam meledak yang harus diwaspadai.

1. HP panas

Seringkali HP menjadi panas atau overheat ketika digunakan untuk menonton YouTube atau ngegame dalam waktu yang lama. Jangan dianggap remeh, HP panas bisa menjadi penyebab dan pertanda HP meledak.

2. Baterai HP gembung

Baterai yang menggembung adalah ciri baterai HP dalam kondisi yang tidak baik. Baterai yang sudah menggembung sebaiknya segera diganti. Segera bawa ke tempat servis ya.

3. Aplikasi tidak berjalan

Kerusakan pada baterai HP bisa membuat aplikasi berhenti berkerja. Bila dibiarkan, HP bisa meledak karena beban kerja yang makin berat.

4. Performa HP buruk

Ketika HP menjadi lebih lama, sering ngelag, hati-hati, loh. Sebab, ini bisa menjadi tanda HP sedang tidak baik-baik saja. Performa HP yang berat bisa membuat HP overheat dan terancam meledak.

5. Muncul asap

Komponen cair pada baterai bisa berubah menjadi gas. Ini bisa memicu HP untuk meledak. Hal ini bisa terjadi dengan kebiasaan membiarkan HP dalam keadaan panas dalam waktu yang lama.

Karena itu, kamu harus tahu cara menghindari HP meledak. Pertama, gunakan charger dari pabrikan ponsel yang kamu miliki. Kalau kamu pakai Samsung maka pakai charger dari Samsung.

Selanjutnya, pastikan kabel terawat dengan baik, tidak menutup HP saat dicas (misalnya ditaruh di bawah bantal), dan selalu menghindari membawa HP ke suhu ekstrem baik terlalu panas maupun terlalu dingin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews