Google Luncurkan Bard Saingi Kemunculan ChatGPT

Google Luncurkan Bard Saingi Kemunculan ChatGPT

Google. (Foto: istimewa/Google)

Jakarta - Google berencana meluncurkan chatbot bernama Bard dalam beberapa pekan mendatang. Langkah ini untuk menyaingi kemunculan ChatGPT yang dirilis Microsoft.

Sundar Pichai, CEO Google, menulis dalam posting blog bahwa Bard sudah tersedia untuk "penguji tepercaya" dan dirancang untuk menempatkan "keluasan pengetahuan dunia" di balik antarmuka percakapan.

Itu menggunakan versi yang lebih kecil dari model AI yang kuat yang disebut LaMDA, yang pertama kali diumumkan Google pada Mei 2021 dan didasarkan pada teknologi yang mirip dengan ChatGPT.

Google mengatakan, ini akan memungkinkannya untuk menawarkan chatbot kepada lebih banyak pengguna dan mengumpulkan umpan balik untuk membantu mengatasi tantangan seputar kualitas dan keakuratan respons chatbot.

Baca: Kehadiran Chatbot AI OpenAI ChatGPT Bikin Google Ketar Ketir

Google dan OpenAI sama-sama membangun bot mereka pada perangkat lunak penghasil teks yang, meskipun fasih, rentan terhadap pemalsuan dan dapat mereplikasi gaya bicara yang tidak menyenangkan yang diambil secara online.

Kebutuhan mengurangi kelemahan tersebut dan fakta bahwa perangkat lunak jenis ini, tidak dapat dengan mudah diperbarui dengan informasi baru.

Hal ini menimbulkan tantangan bagi harapan untuk membangun produk baru yang kuat dan menguntungkan di atas teknologi, termasuk saran bahwa chatbots dapat menemukan kembali pencarian web.

Khususnya, Pichai tidak mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan Bard ke dalam kotak telusur yang mendukung keuntungan Google.

Sebaliknya, penggunaan teknologi AI yang mendasarinya untuk meningkatkan pencarian konvensional, sebagaimana melansir laman Wired, Selasa (7/2/2023).

 

Untuk pertanyaan yang tidak ada satu pun jawaban yang disepakati, Google akan menyatukan jawaban yang mencerminkan pendapat yang berbeda.

Misalnya, pertanyaan “Apakah lebih mudah belajar piano atau gitar?” akan bertemu dengan "Beberapa orang mengatakan piano lebih mudah dipelajari, karena gerakan jari dan tangan lebih alami ... Yang lain mengatakan bahwa belajar akord pada gitar lebih mudah."

Pichai juga mengatakan bahwa Google berencana untuk membuat teknologi yang mendasarinya tersedia untuk pengembang melalui API, seperti yang dilakukan OpenAI dengan ChatGPT, tetapi tidak menawarkan garis waktu.

Kegembiraan luar biasa yang terinspirasi oleh ChatGPT telah menimbulkan spekulasi bahwa Google menghadapi tantangan serius terhadap dominasi pencarian webnya untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Baca: Pencipta Gmail sebut ChatGPT Mampu Hancurkan Google dalam Waktu 2 Tahun

Microsoft, yang baru-baru ini menginvestasikan sekitar 10 miliar Dolar AS di OpenAI.

CEO OpenAI Sam Altman men-tweet foto dirinya dengan CEO Microsoft Satya Nadella tak lama setelah pengumuman Google.

Diam-diam diluncurkan oleh OpenAI November lalu, ChatGPT telah berkembang menjadi sensasi internet.

Kemampuannya untuk menjawab pertanyaan kompleks dengan koherensi dan kejelasan yang jelas membuat banyak pengguna memimpikan revolusi dalam pendidikan, bisnis, dan kehidupan sehari-hari.

Tetapi beberapa pakar AI menyarankan untuk berhati-hati, mencatat bahwa alat tersebut tidak memahami informasi yang disajikannya dan secara inheren cenderung mengada-ada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews