7 Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh pada Android

7 Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh pada Android

Ilustrasi. (Foto: completeselular)

Jakarta - Memori handphone yang penuh dapat menjadi masalah serius bagi pengguna, karena dapat mempengaruhi performa ponsel. Menurut penelitian, handphone Android memiliki rentang memori internal berkapasitas 16 GB.

Untuk memastikan handphone bekerja dengan optimal, penting untuk memantau ruang penyimpanan dan melakukan tindakan pembersihan jika diperlukan. Ada beberapa cara mudah untuk membersihkan memori handphone, seperti menghapus file-file yang tidak diperlukan atau mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pembersih memori tambahan untuk membantu mengatasi masalah ini. Namun, sebelum menginstal aplikasi tambahan, pastikan untuk membaca ulasan dan memberikan perhatian pada privasi data Anda.

Dalam menjaga performa handphone, menjaga memori internal tetap tersedia dan bersih adalah langkah penting. Dengan melakukan beberapa tindakan sederhana, Anda dapat mengatasi masalah memori handphone yang penuh dan memastikan handphone Anda bekerja dengan optimal.

Berikut cara mengatasi memori Hp yang penuh pada Android yang dapat Anda coba.

1. Hapus aplikasi atau game

Cek kembali Hp Android Anda, apakah ada aplikasi atau game yang tidak digunakan. Jika terdapat aplikasi atau game yang tidak lagi dipakai, sebaiknya hapus untuk membuat ruang penyimpanan tidak menumpuk.

Aplikasi atau game berbasis online biasanya memakan banyak ruang penyimpanan internal. Tak hanya ukurannya yang besar, data-data yang terdapat di dalamnya juga memenuhi penyimpanan.

2. Hapus cache

Cache yang menumpuk dapat menghabiskan ruang seperti yang dikutip dari laman Gadgetstouse. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

• Buka menu Pengaturan.
• masuk ke manu Apps.
• Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
• Klik Clear Cache pada menu App Info.

3. Bersihkan data media WhatsApp

Data media di WhatsApp dapat menumpuk dan memenuhi memori internal Hp. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus data-data tersebut.

Anda dapat mengeceknya di folder WhatsApp dan menghapus data yang sudah tidak diperlukan lagi. Data-data media WhatsApp sendiri cukup beragam, seperti images, audio,, video, hingga document.

4. Matikan unduhan otomatis WhatsApp

Media yang diterima dari WhatsApp secara otomatis terunduh dan menunpuk sehingga membuat memori internal penuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan unduhan otomatis di WhatsApp.

Berikut langkah-langkahnya:

• Buka aplikasi WhatsApp.
• Pilih ikon tiga titik yang terdapat di bagian atas.
• Kemudian pilih Setelan dan 'Penyimpanan dan data'.
• Pada fitur 'Saat menggunakan data seluler', hilangkan centang pada foto audio, video, dan dokumen.
• Lakukan hal yang sama pada fitur 'Saat terhubung ke Wi-Fi'.

5. Gunakan aplikasi cleaner

Selain menghapus cache dengan cara manual, Anda juga dapat menghapusnya secara otomatis dengan menggunakan aplikasi cleaner atau antivirus.

Beberapa aplikasi cleaner juga berfungsi untuk banyak hal seperti membersihkan RAM Hp agar dapat digunakan untuk multitasking. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah CCleaner for Android.

6. Hapus atau pindahkan foto dan video

Data foto dan video tanpa disadari banyak dan menumpuk, padahal mungkin tidak semuanya kamu butuhkan. Hal tersebut bisa membuat data jadi menumpuk dan memori jadi penuh.

Untuk mengatasinya, hapus foto atau video yang sudah tidak dibutuhkan. Apabila masih banyak data foto atau video yang tersisa, Anda bisa memindahkannya ke ruang penyimpanan lain seperti Google Drive, PC, atau laptop.

7. Gunakan kartu memori eksternal

Cara mengatasi memori hp penuh selanjutnya adalah menggunakan kartu memori eksternal. Anda dapat menambah memori eksternal untuk menyimpan beberapa file berukuran besar.

Itulah cara mengatasi memori Hp penuh pada Android. Selamat mencoba!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews