India Luncurkan Sistem Operasi Seluler Ciptaan Sendiri, Namanya BharOS

India Luncurkan Sistem Operasi Seluler Ciptaan Sendiri, Namanya BharOS

Ilustrasi telepon seluler. (Foto: ist)

New Delhi - India telah mengambil langkah maju dengan meluncurkan BharOS, sistem operasi seluler (OS) lokalnya seperti Android dan iOS yang mendominasi dunia.

The Straits Times melaporkan bahwa sistem tersebut dikembangkan di Indian Institute of Technology (IIT) Madras, salah satu perguruan tinggi teknik terkemuka di negara itu.

BharOS adalah proyek yang didanai pemerintah untuk mengembangkan OS sumber terbuka dan gratis untuk digunakan dalam sistem pemerintahan dan publik.

OS seluler adalah perangkat lunak yang merupakan antarmuka inti pada ponsel cerdas, seperti Android oleh Google dan iOS oleh Apple.

Setelah menguji BharOS pada jumpa pers yang disiarkan televisi pada 24 Januari, Menteri Komunikasi, Elektronik, dan Teknologi Informasi Ashwini Vaishnaw mengatakan bahwa sistem tersebut bekerja dengan baik dan merupakan lompatan besar ke depan untuk menciptakan ekosistem asli dan masa depan mandiri bagi India di dunia teknologi.

“Sekarang kami harus mengerjakan pengembangan lebih lanjut, terutama pada ekosistem dan chipset aplikasi BharOS,” tambah Vaishnaw.

Pasar India didominasi oleh OS Android Google, yang merupakan 96 persen dari semua smartphone.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews