Bocah 5 Tahun Tak Bisa Berhenti Makan, BB-nya Sudah 45 Kg

Bocah 5 Tahun Tak Bisa Berhenti Makan, BB-nya Sudah 45 Kg

Viral anak obesitas, berat badannya mencapai 45 kg (Foto: Caters News Agency)

Batam - Seorang anak bernama Harlow (5) di Inggris mengalami kondisi langka yang membuatnya lapar terus-menerus. Ibu Harlow Holly Williams (25) terpaksa membuat gerbang penghalang di pintu dapur agar Harlow tidak makan berlebihan.

Harlow memiliki sindrom Prader-Willi dan kehilangan kromosom 15, yang bertanggung jawab untuk mengendalikan rasa lapar. Oleh karena itu, napsu makan Harlow selalu tinggi dan selalu ingin makan.

"Memasang gerbang penghalang di pintu dapur membantu memastikan Harlow tidak masuk ke lemari di dapur," kata Williams dikutip dari NY Post.

Baca juga: Awas, Sederet Kanker Ini Mengintai Penyandang Obesitas

"Di masa depan saya harus mengambil tindakan lebih lanjut, dan seiring bertambahnya usia Harlow kemungkinan besar saya akan mengunci dapur," lanjutnya.

Harlow didiagnosis sindrom Prader-Willi ketika usianya enam bulan. Dikutip dari Mayo Clinic, sindrom ini merupakan genetik langka yang bisa mempengaruhi fisik, mental, dan perilaku.

Berat badan Harlow kini 45 kg, yang dikategorikan sebagai obesitas bagi anak seusianya. Di sisi lain, obesitas juga memicu berbagai komplikasi.

Baca juga: 3 Penyebab Obesitas Ini Kerap Terabaikan

Sindrom Prader-Willi juga menunda tumbuh kembangnya. Harlow tidak bisa mengangkat kepalanya sampai dia berumur delapan bulan dan tidak bisa berjalan sampai dia berumur 2,5 tahun.

"Kami tahu ada yang salah ketika Harlow lahir," kata Williams.

"Dia benar-benar lemah, tidak memiliki kekuatan, tidak menangis dan tidak bisa menyusu dengan benar di botol," lanjutnya.

Williams akhirnya memiliki jawaban tentang kondisi putrinya, dia mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan Harlow tetap sehat. Dia mengatakan bahwa dia harus tegas dengan anak berusia 5 tahun terkait apa yang dia makan, tapi dengan beberapa pengecualian.

"Harlow kelebihan berat badan saat ini, jadi saya harus tegas dengannya dan mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa makan lagi setelah dia makan," kata Williams.

"Saya memastikan dia memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, tetapi dia masih diperbolehkan untuk snack. Karena bagaimanapun juga dia masih anak-anak, jadi saya tidak ingin menghilangkannya sepenuhnya," bebernya.

Meskipun Harlow disekolahkan di sekolah umum, ia masih berjuang dengan mobilitas, gangguan tidur (sleep apnea), dan tantrum. Namun terlepas dari semua kesulitan itu, Williams dan putrinya masih memiliki ikatan yang sangat dekat dan bersama sepanjang waktu.

Williams menuturkan, ia merasa termotivasi dengan aktris Katie Price. Putra pertama Price, juga diketahui memiliki Prader-Willi sindrom.

"Terkadang sulit untuk menghadapi kondisi tersebut," kata Williams.

Penyakit Prader-Willi mengkhawatirkan banyak orang tua. Pada 2016, anak asal Brasil Manuel Abreu memiliki bobot sebesar 80 kg di usia 5 tahun.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews