Jalanan di Batam Bisa Gelap Gulita Gegara Maling Sering Gasak Kabel PJU

Jalanan di Batam Bisa Gelap Gulita Gegara Maling Sering Gasak Kabel PJU

Tiang lampu dan kabel PJU di Batam jadi incaran maling. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Fasilitas lampu penerangan jalan umum (JPU) di pinggir jalan Kota Batam benar-benar 'seksi' bagi maling. Kabel-kabel PJU yang berada dari Simpang Dadut ke arah Simpang dekat UIB, kemudian dari depan Rumah Duka Batu Batam ke arah Rumah Sakit Awal Bros digasak, Rabu (1/2/2023) malam. 

Peristiwa itu diketahui ketika petugas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam patroli malam.

“Petugas mendapati kabel PJU di dua lokasi ini dicuri,” ujar Kepala BM-SDA Kota Batam, Yumasnur, Kamis (4/2/2023). 

Baca juga: Tiang Lampu Jalan pun Diincar Maling, Kapolresta Barelang Ancam Tembak Pelaku

Akibat aksi pencurian ini, ruas Jalan Gajah Mada yang menjadi titik kabel PJU yang dicuri menjadi gelap. Hal ini tentunya mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. 

“Penerangan tentu saja sangat penting. Hilangnya kabel PJU membuat lampu jalan mati dan gelap,” ujarnya.

Aksi maling di Batam memang keterlaluan. Tak hanya kabel PJU, tiangnya yang setinggi 9 meter juga pernah diangkut maling, Minggu (29/1/2023) lalu. 

Baca juga: Batam Dapat Bantuan 350 Unit Lampu PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

Padahal tiang PJU tersebut dilengkapi dengan lampu penerangan jalan umum tersebut berlokasi di jalur lambat Taman Dang Anom.

"Sebelumnya kabel, setelah itu saklar atau timer PJU, dan kali ini sudah menjarah tiang PJU," katanya. 

Pemko bingung cara maling bawa tiang lampu jalan

Yumasnur menuturkan titik PJU yang hilang saat ini tidak terekam CCTv. Melihat kondisi tiang yang cukup tinggi, aksi pencurian ini kemungkinan tidak dilakukan satu orang. 

 

"Karena tingginya 9 meter, belum lagi ada lampu bercabang yang terpasang pada tiang. Saya juga bingung bagaimana mereka mengeksekusi tiang PJU yang cukup tinggi untuk ini," jelasnya.

Namun Yumasnur mengaku tiang PJU ini bisa dirakit. Sehingga bisa dibongkar dan pasang. “Semakin menjadi-jadi memang. Kemarin masih pengrusakan tiang, dan sekarang langsung dicuri," sebutnya.

Ia berharap kejadian ini tak terulang kembali. “Sering kami sampaikan, mari sama-sama jaga kota yang kita cintai ini. Apalagi Batam kini sedang gencar dibangun,” ucapnya.

Aksi pencurian kabel hingga tiang PJU menjadi sorotan pihak kepolisian. Kepolisian Polresta Barelang tengah melakukan penyelidikan kasus pencurian kabel dan tiang penerangan jalan umum (PJU) di Batam.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto mengaku geram dengan ulah maling-maling yang nekat melakukan aksi pencurian kabel dan tiang PJU tersebut.

"Saya sudah perintahkan anggota melakukan penyelidikan, kita upayakan segera lakukan pengungkapan," ujar Nugroho baru-baru ini.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews