Cen Sui Lan: 75 ribu BUMDes Perlu Penguatan Modal dan Pembinaan

Cen Sui Lan: 75 ribu BUMDes Perlu Penguatan Modal dan Pembinaan

Cen Sui Lan bersama Wan Rudy Iskandar Plt Kadis PMD Kabupaten Bintan dan beberapa Direktur BUMDes Bintan, pada acara sarasehan penguatan BUMDes di Bintan Agro Resort Km 36 Desa Teluk Bakau, Gunung Kijang, Bintan, Rabu (1/2/2023). (Foto: Yen/suaraserumpun.com)

Bintan, Batamnews - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan, menyatakan bahwa 75 ribu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Indonesia perlu penguatan dukungan modal dan pembinaan.

Hal ini untuk memastikan BUMDes yang didirikan oleh pemerintah desa bisa berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta meningkatkan pendapatan asli desa.

Cen Sui Lan membuat pernyataan tersebut pada acara sarasehan peringatan Hari BUMDes tingkat nasional tahun 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian Desa dan PDTT RI di Bintan Agro Beach Resort, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Tri Suaka hingga Nabila Maharani Bakal Meriahkan Hari BUMDesa Tingkat Nasional di Kepri

Acara ini diikuti oleh 1.000 peserta yang terdiri dari pejabat Eselon 1 dan 2, kepala Dinas PMD provinsi dan kabupaten se-Indonesia, dan direktur BUMDes mandiri se-Indonesia.

Cen Sui Lan menekankan bahwa BUMDes harus memperoleh penguatan, baik dari sumber daya manusia maupun dukungan dari Kementerian Desa dan PDTT. Pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten, serta perusahaan yang memberikan CSR kepada BUMDes juga harus memberikan dukungan.

"BUMDes juga membutuhkan penguatan modal dan pelatihan bagi sumber daya manusia di BUMDes sendiri agar lebih maju. Dengan BUMDes yang lebih maju, perekonomian Indonesia akan lebih cepat berkembang," ujar Cen Sui Lan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews