Deretan Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Musim Hujan

Deretan Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Musim Hujan

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Musim hujan dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit, karena air yang tergenang dapat menjadi sarang bagi bakteri dan virus.

Berikut adalah beberapa penyakit yang sering ditimbulkan saat musim hujan.

Diare

Penyakit diare dapat menyebar dengan mudah saat musim hujan, karena air yang terkontaminasi dapat menjadi sumber infeksi. Diare dapat disebabkan oleh bakteri atau virus, dan dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

Malaria

Musim hujan dapat meningkatkan risiko malaria, karena air yang tergenang dapat menjadi sarang bagi nyamuk yang menyebar penyakit ini. Malaria dapat menyebabkan demam, sakit kepala, dan mengakibatkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan cepat.

• Influenza

Virus influenza dapat menyebar dengan mudah saat musim hujan, karena orang-orang lebih sering berkumpul di dalam ruangan. Influenza dapat menyebabkan demam, sakit tenggorokan, dan pilek.

Chikungunya

Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes, yang aktif lebih banyak saat musim hujan. Gejala yang muncul seperti demam, sakit sendi, dan sakit kepala.

DBD

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes juga, yang aktif lebih banyak saat musim hujan. Gejala yang muncul seperti demam, sakit sendi, sakit kepala, dan bengkak pada limpa.

Untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan saat musim hujan, penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan kering, menghindari kontak dengan air yang tergenang, dan mengambil tindakan pencegahan seperti menggunakan repelen dan menyemprotkan insektisida di sekitar rumah.

Segera mengunjungi dokter jika mengalami gejala-gejala yang diderita.

(ruz)
Komentar Via Facebook :