Hujan Guyur Batam 3 Hari Berturut-turut, BMKG Prediksi Besok Mulai Reda

Hujan Guyur Batam 3 Hari Berturut-turut, BMKG Prediksi Besok Mulai Reda

Banjir menggenangi kawasan Batam Centre saat hujan deras mengguyur pada Rabu (25/1/2023). (Foto: Edo/batamnews)

Batam, Batamnews - Sudah memasuki hari ketiga Kota Batam, Kepulauan Riau, kerap dilanda hujan deras disertai angin kencang. Hal itu membuat beberapa ruas jalan di sejumlah wilayah kebanjiran lantaran drainase tak mampu menampung volume air yang kian tinggi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan, biasanya memasuki Februari curah hujan mulai berkurang. Pasalnya secara klimatologis, Februari di Kepri merupakan bulan paling sedikit hujan.

"Akan tetapi untuk kondisi saat ini dikarenakan adanya belokan angin atau shearline di sebelah barat laut Pulau Kalimantan dan kelembaban yang tinggi di wilayah Kepri sehingga sangat menunjang untuk pembentukan awan-awan hujan," ujarnya, Rabu (25/1/2023).

Baca: Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Ruas Jalan di Batam Terendam

Untuk hari ini saja, hujan akan terus turun sampai malam hari. Intensitasnya mulai dari sedang hingga lebat.

Meski begitu, BMKG memperkirakan jika Kamis (26/1) esok, curah hujan mulai berkurang. Namun, diperkirakan juga pada Minggu mendatang kembali dengan kondisi cuaca seperti saat ini

"Iya diperkirakan besok sudah mulai berkurang curah hujannya, tetapi tidak menutup kemungkinan pada hari Minggu akan turun hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat," pungkas Suratman. 

Baca: Air Laut Naik Rendam Ratusan Rumah di Belakangpadang

Dari pantauan instagram @batamnewsonline, lokasi titik banjir terpantau di Jl Laksamana Bintan dekat Kawasan Industri Hijrah, Kawasan Greenland, Depan SPBU Pasir Putih (dekat Komplek Citra Indah), Simpang Kepri Mall, Jl Ali Kenala dekat Top 100 Grand Niaga bahkan hingga akses masuk Bandara Hang Nadim. 

(jun)
Komentar Via Facebook :