Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Bintan Robohkan Sejumlah Rumah Warga

Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Bintan Robohkan Sejumlah Rumah Warga

Kondisi rumah warga di kawasan pesisir Bintan usai dihantam gelombang tinggi pada Jumat (27/1/2023) dini hari. (Foto: tangkapan layar video)

Bintan, Batamnews - Wilayah pesisir Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, khususnya di Kampung Nendiang RT 1/ RW 1, Desa Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir, dilanda angin kencang dan gelombang tinggi pada Jumat (27/1/2023) dini hari.

Peristiwa ini mengakibatkan kerusakan parah pada sejumlah fasilitas yang ada di kawasan tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan, Ramlah, mengatakan bahwa angin kencang dan gelombang tinggi tiba-tiba mengantam kawasan pantai Kampung Nendiang. Akibatnya, rumah-rumah warga roboh dan pelantar rusak. 

"Jadi dini hari tadi, angin kencang dan gelombang tinggi tiba-tiba mengantam kawasan pantai Kampung Nendiang. Akibatnya rumah warga roboh dan pelantar rusak," ujar Ramlah dihubungi pada Jumat siang.

Baca: Dua Rumah di Mentigi Bintan Ambruk Dihantam Gelombang Tinggi

Menurut Ramlah, ada tiga fasilitas di RW 1 Kampung Nendiang yang mengalami kerusakan parah akibat bencana angin kencang dan gelombang tinggi. Diantaranya adalah satu unit rumah milik Syarifah (42) yang roboh dan tenggelam hingga ke dasar laut.

Selain itu, pelantar umum milik masyarakat di sana putus sepanjang 10 meter akibat tertimpa rumah yang roboh tersebut. Sementara di RT 3, pelantar pribadi milik Aimah Alib juga rusak.

"Untuk korban rumah yang roboh, telah mengungsi di rumah sanak keluarganya," jelasnya. 

Namun, dalam bencana ini tidak sampai menelan korban jiwa karena pemilik rumah dan anak-anaknya tidak berada di rumah saat bencana terjadi.

Sejauh ini, proses pendataan masih berjalan di lapangan. Sehingga belum dapat diketahui kerugian materil yang dialami oleh para korban bencana. 

Baca: Gelombang Tinggi Sapu Rumah Lansia di Mantang Bintan

Ramlah menyatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi dan pemetaan kerusakan yang terjadi serta mengevaluasi kebutuhan bantuan logistik yang dibutuhkan oleh para korban.

"Untuk bantuan logistik akan kita kirimkan besok melalui Dermaga Pantai Indah Kijang Kota," katanya. 

BPBD Kabupaten Bintan akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani bencana ini dan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para korban.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews