Daftar 6 Kota dengan Biaya Hidup Murah

Daftar 6 Kota dengan Biaya Hidup Murah

Penampakan Kota Bangkok di Thailand yang sangat megah (Foto:ist/bangkok.com)

Jakarta - Murah atau mahal sebenarnya relatif. Namun kota-kota ini bisa jadi pilihan jika ingin pindah ke tempat dengan biaya hidup relatif rendah.

Biaya hidup sering kali jadi alasan orang mempertimbangkan untuk pindah ke suatu kota. Dibanding Jakarta, kebanyakan orang melihat Yogyakarta memiliki biaya hidup yang lebih murah.

Kalau diberi kesempatan hidup di luar negeri, kira-kira kota mana yang tertarik Anda tinggali?

Berikut kota-kota terbaik di dunia dengan biaya hidup rendah.

1. Buenos Aires, Argentina

Buat penggemar bola, Argentina tentu jadi negara yang istimewa. Mungkin Anda bisa mampir ke rumah pemain bola Lionel Messi untuk silaturahmi.

Tak hanya bola, Argentina mampu menawarkan aneka kuliner terbaik, kehidupan malam ala kota besar. Tak ketinggalan juga tentang segala sesuatu bernuansa kultur setempat.

Seperti dilaporkan Insider, Buenos Aires merupakan kota dengan biaya hidup relatif rendah. Tinggal di apartemen tengah kota tidak akan menghabiskan biaya hidup melebihi US$730 per bulan atau sekitar Rp10,8 juta.

2. Bursa, Turki

Bursa merupakan kota terbesar keempat di Turki. Kota ini kerap disebut 'green Bursa' sebab memiliki banyak taman dan kebun. Bursa rasanya pas buat orang yang menyukai segala sesuatu yang serba hijau dan alam.

Kota ini dikelilingi oleh mata air belerang. Suka hiking? Di sana ada pegunungan Uludag yang siap dijelajahi. Tinggal di apartemen tengah kota akan menghabiskan biaya hidup sekitar US$700 atau sekitar Rp10,4 juta.

 

3. Rio de Janeiro, Brasil

Setiap tahun, Rio de Janeiro menawarkan Karnaval Rio yang begitu meriah. Kalau tinggal di sana, tentu agenda karnaval tidak akan Anda lewatkan.

Tak hanya itu, Rio juga memberikan pantai yang menakjubkan, pemandangan alam tak terlupakan, dan kehidupan malam yang semarak.

Untuk tinggal di sana, Anda perlu menyiapkan dana paling tidak US$940 (hampir Rp14 juta) jika menyewa apartemen tengah kota. Sementara untuk apartemen di luar pusat kota, biaya hidup bisa mencapai sekitar US$790 (sekitar Rp11,7 juta).

4. Bangkok, Thailand

Bangkok ternyata tak cuma populer sebagai destinasi wisata, tapi juga kota dengan biaya hidup rendah. Kota ini masuk ke dalam daftar kota paling murah menurut Time Out Index.

Kuliner Bangkok pun tak beda jauh dengan kuliner Asia pada umumnya. Di sana juga menawarkan aneka street food murah. Anda juga bakal lebih sehat karena buah-buahan tropis mudah ditemukan.

Salah satu yang jadi patokan biaya hidup di Bangkok, misalnya, harga makanan yang terbilang murah. Dikutip dari World Packers, seporsi makanan hanya dibanderol US$1 atau tak sampai Rp15 ribu.

5. Porto, Portugal

Bermimpi tinggal di Eropa? Portugal sepertinya pilihan menarik, terutama Porto. Kota ini terbilang masih rendah soal biaya hidup. Terletak di Portugal utara, Porto penuh dengan kebun anggur. Ada pula pantai yang tenang, katedral, dan suasana kota modern.

Dilansir dari Numbeo, biaya hidup di Porto 32,9 persen lebih mahal daripada Jakarta. Untuk para lajang, paling tidak perlu menyiapkan dana hampir Rp10 juta (belum termasuk biaya sewa tempat tinggal).

 

6. Mexico City, Meksiko

Mexico City, ibukota Meksiko, merupakan kota yang dibangun di atas reruntuhan Tenochtitlan atau kota Aztec masa kuno. Kota ini salah satu kota tertua dan terbesar di Amerika.

Seperti dilansir dari National Geographic, kota ini berhias arsitektur bergaya kolonial, seni ikonik, peninggalan kental budaya, juga kuliner serba pedas.

Menurut laman Numbeo, tinggal di Mexico City 13,3 persen lebih mahal dibanding Jakarta. Jika masih lajang, paling tidak Anda perlu menyiapkan Rp8,8 juta di luar sewa tempat tinggal. Sementara yang sudah berkeluarga setidaknya perlu merogoh Rp32,2 juta (di luar sewa tempat tinggal).

(ruz)
Komentar Via Facebook :