Tren Penumpang Naik, Bandara Hang Nadim Tambah Jalur Internasional 

Tren Penumpang Naik, Bandara Hang Nadim Tambah Jalur Internasional 

Bandara Hang Nadim. (ist/BP Batam)

Batam, Batamnews - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, secara resmi telah menutup Posko Terpadu Nataru. Posko ini beroperasi sejak 19 Desember sampai 4 Januari 2023. 

Posko itu didirikan guna melakukan pelayanan operasi penerbangan pertama yang oleh PT Bandara Internasional Batam (BIB).

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah menyebut, posko itu melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah sampai instansi terkait dalam rangka operasi penerbangan Nataru.

Pihak bandara mencatat sampai dengan 3 Januari 2023, terdapat kenaikan jumlah penumpang dibandingkan Nataru di tahun sebelumnya. 

Kenaikan tersebut yakni mulai dari angka penumpang mencapai 175.600 atau naik 39,4 persen dari tahun sebelumnya. Begitu juga dengan kargo sebanyak 1.381.956 kg atau naik 38,8 persen.

Pergerakan pesawat juga terjadi kenaikan. Ada 1.403 pergerakan atau naik 49,3 persen dari tahun sebelumnya. 

"Jadi ini membuktikan bahwa perekonomian sudah mulai berangsur pulih dan sebagai investor kami memandang positif pemulihan ekonomi Batam," ujar Pikri.

Saat ini, Bandara Internasional Hang Nadim Batam melayani total 17 rute. Terdiri dari 16 rute domestik dan 1 rute internasional.

"Kami masih mengembangkan rute domestik dan rute internasional pada tahun 2023 dengan menggunakan bekal pengalaman dari 2 pemegang saham PT BIB yaitu PT Angkasa Pura I dan Incheon International Airport sebagai pengelola Bandara," kata dia.

Pikri optimis jika Batam akan terkoneksi ke seluruh bandara yang dikelola oleh para pemegang saham.

"Rencana pengembangan rute pada tahun 2023 adalah penerbangan umroh, penerbangan internasional ke Kuala Lumpur dan Korea Selatan," tutupnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews