Hati-hati, Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Utama Kanker Mulut

Hati-hati, Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Utama Kanker Mulut

Ilustrasi penderita kanker mulut. (Foto: pixabay)

Jakarta - Kanker mulut jadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Kanker mulut adalah kondisi saat sel kanker berkembang di salah satu bagian mulut.

Mengutip Mayo Clinic, kanker ini bisa muncul pada bibir, gusi, lidah, lapisan dalam pipi, atap mulut, dan dasar mulut (bawah lidah). Biasanya, kanker ini ditandai dengan beberapa gejala yang umum.

Misalnya saja, sakit pada area mulut yang tak kunjung sembuh dan bercak putih atau kemerahan di dalamnya. Selain itu, gigi yang lepas juga bisa jadi pertanda kanker mulut. Anda juga perlu memperhatikan jika ada benjolan di dalam mulut.

Merokok merupakan salah satu faktor risiko terbesar yang bisa memicu kanker mulut. Kondisi ini diperparah jika Anda juga gemar mengonsumsi minuman beralkohol.

Minuman penyebab kanker mulut

Minuman beralkohol jadi salah satu penyebab utama kanker mulut. Menukil laman Oral Cancer Foundation, para ahli percaya bahwa zat-zat yang ada di dalam rokok bisa memicu pertumbuhan sel kanker jika bertemu dengan minuman beralkohol.

Dengan demikian, Anda perlu menghindari bir, wine, whiskey, dan masih banyak lagi jenis-jenis minuman beralkohol lainnya. Terlalu banyak asupan alkohol sendiri didefinisikan dengan lebih dari 21 gelas dalam satu pekan.

Sementara itu, mengutip The Guardian, National Health Service (NHS) Inggris, dalam kampanyenya, pernah menyebutkan bahwa minum dua gelas wine atau dua liter bir per hari dapat meningkatkan risiko kanker mulut tiga kali lipat.

Minuman beralkohol memang jadi faktor risiko terbesar kedua dari kanker mulut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews