Hikmah Putus Kuliah, Bernard Wibowo Kini Sukses Jadi Selebgram Batam

Hikmah Putus Kuliah, Bernard Wibowo Kini Sukses Jadi Selebgram Batam

Bernard Wibowo a.k.a Bernard Huang. (Foto: istimewa)

Batam - Jauh sebelum dikenal sebagai selebgram sekaligus sekaligus entrepreneur, Bernard Wibowo sempat mengalami lika liku kehidupan. Pria yang biasa disapa "Koko" ini pernah putus kuliah. 

Ia mengelola secara mandiri dua akun Instagram sekaligus, dengan masing-masing followers sebanyak 126 ribu dan 24 ribu. Pengikut terbanyak di akun pribadinya yaitu @bernard_huangg, dan akun lainnya khusus untuk konten-konten kuliner di @deliciousbatam. 

“Dua akun yang saya kelola sendiri sebenarnya berhubungan. Jadi, @deliciousbatam untuk topang akun @bernard_huangg, begitupun sebaliknya,” ujarnya dengan ramah.

Kemampuan kreatif yang dimiliki Bernard disukai sejumlah perusahaan hingga mendatangkan banyak penawaran untuk mempromosikan produk mereka. 

Baca: Pentingnya Personal Branding di Era Digital, Simak Tips dari Bernard Huang

Ada yang dari perusahaan lokal Batam sampai perusahaan nasional. Penawaran menjadi model iklan perumahan, promosi jaket, tas, sandal, dan masih banyak aneka produk lainnya pun mulai berdatangan. 

Meski banyak yang menawarkan endorsement, Bernard mengakui dirinya cukup ‘pemilih’. Hal ini dilakukan demi memegang kepercayaan pengikut agar mengulas produk yang sesuai kenyataan dan jujur. Terutama soal kuliner. 

“Pokoknya kalau terbukti enak, saya terima dan posting. Kalau gak, ya saya balikin uangnya tapi sambil kasih saran untuk fokus dulu ningkatin kualitas kuliner yang lebih enak,” ungkapnya. “Kalo next time oke, saya berani posting,” lanjutnya.

Mungkin keberhasilan tersebut terdengar mudah, namun bagi Bernard sebenarnya gampang-gampang susah. Paling penting baginya adalah, membangun jaringan dan relasi sebanyak mungkin terkait bidang yang sedang digeluti. Karena tak jarang, dari situlah rezeki datang.

Baca: Mr.B Coffee, Mimpi yang Jadi Kenyataan dari Influencer Bernard Huang

Melihat hal tersebut, tentu sangat berbanding terbalik dengan apa yang pernah dialami sewaktu ia masih kecil. Orang tua berpisah hingga harus mengalami kesulitan ekonomi.

Kesulitan ekonomi masih ia rasakan sampai kuliah. Sempat terputus di tengah jalan sebab tidak ada biaya, sehingga pendidikan yang sempat ditempuh di STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) mau tidak mau harus ia relakan.

Meski pedih, hal tersebut justru memperkuat mentalnya yang saat itu ia manfaatkan sebagai modal berkarier. Hingga berhasil mengubah titik balik hidupnya yang dulu susah, kini banyak disambangi rezeki.

Mulanya, Bernard mengawali karier sebagai selebgram Batam pada tahun 2012. Yang mana pada saat itu ia merupakan karyawan di perusahaan berinisial PT YHS. 

“Dulu iseng aja sih. Udah gitu gak aktif juga karena sibuk kerja. Waktu itu kan Instagram lagi hits, yang penting punya akunnya aja dulu di HP,” ujarnya.

Selama perjalanan itu, dia bertemu dengan Novi Mingcentia di tahun 2019 yang sekarang menjadi sang istri. Bersamanya, Bernard dikaruniai dua putri cantik.

Menikah tidak menghalanginya menjadi selebriti internet. Ketekunannya menjadi selebgram Batam cukup banyak memberinya kesempatan bertemu dengan orang-orang baru yang inspiratif dan positif. Mulai dari food blogger dan masih banyak lagi content creator lainnya yang terkenal di Instagram.

Baca: Tertarik Jadi Food Blogger? Simak Tips Cerdas dari Bernard Huang

Bermodalkan 10 tahun pengalaman berkecimpung di dunia digital tersebut, Bernard mulai beralih dari selebgram ke pengusaha. Ia memutuskan menjadi entrepreneur muda Batam dengan mengelola coffee shop pribadinya yang bernama Mr. B Coffee.

Meski baru dibangun pada bulan Januari 2022, kafe terus mengalami perkembangan. Namun yang tak kalah penting baginya dari perjalanan ini adalah, kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri di dunia digital yang penuh dengan peluang. 

“Wah, potensi dunia digital ini luar biasa besar. Tapi harus ditopang dengan kemauan yang besar juga, untuk terus belajar dan tidak berhenti berkarya pastinya.”


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews