Strategi Branding Ala Bernard Huang

Strategi Branding Ala Bernard Huang

Bernard Huang

BRANDING merupakan hal wajib untuk mempromosikan suatu produk di era digital saat ini. Selebgram sekaligus enterpreneur asal Batam, Bernard Huang membeberkan bagaimana strategi branding saat ini.

"tanpa branding suatu produk akan sulit berjalan, sulit bertahan apalagi berkembang di masa era digital saat ini" ujar pemilik akun IG @Bernard_huangg dengan jumlah follower 122.000 tersebut.

Ia memaparkan apa itu Branding dan seberapa penting branding bagi para pengusaha terutama UMKM di seluruh Indonesia.

Branding berasal dari kata Brand (Bahasa Inggris) yaitu merek. Banyak orang tidak tahu bahwa Branding merupakan pencitraan agar produk /merek tadi dapat menarik dan selalu diingat oleh konsumen. 

Jadi singkatnya tanpa branding maka suatu produk / merek tidak akan dikenal oleh konsumen secara banyak.

Tanpa branding bagaimana orang dapat mengenal produk kita? Ibarat pepatah Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan produk yang kita pasarkan jika belum dikenal maka tidak akan ada pembeli untuk produk kita.

Apa saja yang mesti dilakukan untuk meningkatkan brand suatu produk?

Berikut tips dari Bernard Huang agar suatu brand dapat berkembang dan dikenal oleh orang banyak:

1. Menjaga kualitas produk

Jika kualitas produk kita tetap terjaga baik itu produk makanan ataupun bukan makanan konsumen akan puas sehingga mereka bisa beli lagi/repeat order produk kita kembali.

2. Menggunakan kemasan yang menarik atau unik.

Kemasan tak kalah penting untuk dalam branding suatu produk, karena kemasan merupakan identitas suatu produk tersebut. Ibarat air mineral merk Aqua, jika label nya kita lepas kita tetap akan tahu kemasan botol tersebut adalah merk Aqua.

3. Sering melakukan iklan

Iklan merupakan salah satu yang terpenting untuk menghidupkan suatu brand, tetapi hal ini juga yang paling sering kelupaan oleh para pelaku usaha. Lupa karna fokus cari omzet, lupa karna fokus promosi, lupa karna banyak urusan pribadi lain nya. Iklan ini sangat penting dan wajib dilakukan jika mau menaikkan brand dengan cepat.

Beberapa cara beriklan paling efektif menurut Bernard Huang : 

- iklan secara konvensional, contoh nya membagikan flyer, gantung spanduk, sampai pemasangan baliho

- iklan menggunakan ads on berbayar seperti iklan di Youtube, Instagram, Facebook ataupun Google

- melakukan iklan / soft selling di koran dan media online, yang pasti tentukan koran online yang paling efektif buat produk anda

- iklan produk anda menggunakan KOL atau lebih dikenal selebgram, bisa dipilih dari selebgram lokal s/d nasional

4. Sering mengikuti pameran/bazaar

Untuk lebih cepat memperkenalkan produk kita kalau bisa kita mesti sering ikut kegiatan pameran/bazaar.

Karena di pameran itu akan banyak orang yang datang dan orang bisa lebih mengenal produk kita. Tapi inget ya kita mesti ikut bazaar yang sesuai dengan produk kita donk agar lebih maksimal. 

4 poin penting ini juga di terapkan di Coffee shop pribadi Bernard Huang di Mr.B Coffee yang berdiri sejak Januari 2022 hingga saat ini. Alhasil tetap bertahan, banyak yang tahu dan bertahan hingga saat ini. Walaupun banyak brand kopi nasional yant kuat tapi Mr.B coffee tetap stabil.

Membangun suatu branding perusahaan bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan proses yang panjang agar suatu brand / produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Nah bagi mereka yang melakukan branding dengan baik, otomatis produknya akan dikenal dan pasti mendapat loyalitas dari konsumen mereka donk.

Jadi mulai sekarang perdalam pengetahuan kalian tentang branding agar produk kalian bisa lebih dikenal dan laku nantinya donk.

Dan bagi yang belum ngerti dan berminat menggunakan jasa untuk konsultasi mengenai Digital Branding produk lain langsung aja DM ke akun @bernard_huangg.