Ini Dia Wisman Perdana yang Datang ke Kabupaten Bintan pada 2023

Ini Dia Wisman Perdana yang Datang ke Kabupaten Bintan pada 2023

Bupati Bintan , Roby Kurniawan mengalungkan bunga kepada wisatawan perdana yang datang ke Bintan pada 1 Januari 2023. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Sepasang turis dari Jepang dan Australia menjadi wisatawan mancanegara (wisman) perdana di tahun 2023 yang menginjakan kakinya di Kabupaten Bintan melalui Terminal Ferry Bandar Bintan Telani (BBT) Kawasan Pariwisata Lagoi, Minggu (1/1/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kedatangan mereka disambut meriah bak seorang raja oleh Bupati Bintan; Roby Kurniawan, Asisten Pemprov Kepri; Luki Zaiman Prawira, Kadispar Bintan; Arief Sumarsono, GGM PT BRC; Abdul Wahab serta Pimpinan FKPD Bintan.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, mengatakan ada 2 pasangan suami istri dari Jepang dan Australia yang ditetapkan sebagai wisman perdana. 

Baca juga: Batam Catat 78 Ribu Kunjungan Wisman Selama September, Pelancong Singapura Mendominasi

"Mereka yang pertama kali keluar dari kapal dan menginjakan kakinya di Bintan. Satu dari Jepang dan satu lagi dari Australia," ujar Wahab.

Untuk pasangan suami istri dari Jepang adalah Taeko Kono dan Atsuto Kono. Sementara yang dari Australia yaitu Gavin Moon dan Daniele Moon. 

Mereka berangkat bersama 97 wisman lainnya dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura dengan menumpangi Kapal Ferry Aria Bupala menuju Terminal Ferry BBT Lagoi.

Baca juga: Batam Catatkan 60.246 Kunjungan Wisman Selama Agustus 2022, Pelancong Asal Singapura Mendominasi

"Di hari ini ada 4 trip kedatangan wisman berbagai negara ke Bintan melalui Singapura. Kedatangan pertama 97 wisman, kedua 240 wisman, ketiga 214 dan keempat 200. Jadi jumlahnya yang datang di hari ini sekitar 753 orang," jelasnya.

Dengan ditetapkannya mereka menjadi wisman perdana, kata Wahab, PT BRC memberikan hadiah dan penghargaan kepada kedua pasangan suami istri tersebut. Dimulai dari voucher menginap gratis di Nirwana Gardens dan Grand Lagoi By Willson. Lalu makan dan minum gratis seharian di F&B The Anmon, dan Tiket BRF Pulang dan Pergi (PP) Singapura-Bintan.

"Ini sebagai bentuk rasa gembira, bahagia dan penghargaan pihak perusahaan kepada wisman yang berkunjung ke Bintan. Semoga dengan semua ini kunjungan wisman semakin meningkat di 2023," katanya.

 

PT BRC bersama pemerintah daerah (Pemda), baik itu Pemkab Bintan maupun Pemrov Kepri terus berupaya mendongkrak kunjungan wisman sebanyak-banyaknya. Mulai dari pegelaran even berskala internasional, promosi paket wisata serta kembali melakukan cater flight dari beberapa kota di Cina langsung ke Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF).

Jika cater flight disetujui maka akan datang 1.000 wisman dari Cina ke Pulau Bintan dalam sehari. Mereka datang kesini dengan menumpangi 5 penerbangan langsung ke Tanjungpinang.

"Jadi satu kali penerbangan itu bisa mendatangkan 200 orang. Jika 5 penerbangan maka 1.000 wisman dari Cina berkunjung ke Pulau Bintan," ucapnya.

Sementara itu Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap PT BRC. Karena selama ini telah berperan penting dalam mendatangkan wisman ke Bintan.

"Angka kunjungan wisman ke Bintan dari pandemi covid-19 sampai saat ini terus mengalami kenaikan. Itu semua berkat peran PT BRC juga," sebutnya.

Sektor pariwisata, kata Roby, menjadi penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama ini. Tentunya jika kunjungan wisman mengalami kenaikan, PAD juga ikutan naik.

Maka pemerintah akan terus mendukung PT BRC untuk mendatangkan wisman lebih banyak lagi. Baik melalui even, mendorong ke pemerintah pusat terkait kebijakan wisatawan serta mendorong agar bebas visa atau Visa On Arrival (VOA) diberlakukan lagi.

"Tentunya kita akan terus berupaya dengan berbagai cara agar kunjungan wisman terus naik. Karena kenaikan kunjungan itu berdampak pada PAD," tutupnya.
 

(ary)
Komentar Via Facebook :