Hilang Ingatan Seperti Indra Bekti, Bisakah Dipulihkan?

Hilang Ingatan Seperti Indra Bekti, Bisakah Dipulihkan?

Indra Bekti dikabarkan mengalami hilang ingatan usai operasi perdarahan otak (Foto: detik.com)

Jakarta - Presenter Indra Bekti dikabarkan mengalami hilang ingatan usai menjalani operasi perdarahan otak. Saat ini Indra Bekti masih menjalani pemulihan di rumah sakit.

"Jadi memang karena operasi ini Mas Bekti jadinya ada memori yang dia harus ulang lagi perlahan-lahan, dari dulu sampai sekarang. Jadi bisa dibilang dia agak kurang bisa mengingat yang sekarang-sekarang ini," ucap istrinya Aldilla di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (31/12/2022).

Seringkali pasien yang menjalani operasi mengalami penurunan kognitif salah satunya kehilangan memori. Hingga saat ini para ahli masih mencari tahu penyebab pasti pasien yang menjalani serangkaian anestesi akibat operasi mengalami gangguan kognitif.

Baca juga: Indra Bekti Dilarikan ke RS, Disebut Alami Pendarahan Otak

Dikutip dari Brain & Spine Center, disfungsi kognitif adalah salah satu kemungkinan komplikasi dari setiap gangguan otak. Pendarahan otak dan perawatannya dapat menyebabkan perubahan fisik pada jaringan otak dan dapat menyebabkan defisit kognitif yang menyebar, termasuk masalah memori sampai pemrosesan informasi.

Beberapa pasien yang pulih usai mengalami perdarahan otak mengalami kesulitan dengan ingatan jangka pendek atau ingatan lama. Mereka mungkin mengingat peristiwa dari sepuluh tahun lalu namun tak bisa mengingat di mana mereka meletakkan kunci mobilnya.

Bisakah ingatan pulih?

Kabar baiknya adalah setiap orang, bahkan setelah operasi otak, memiliki kemampuan dan kekuatan kognitif yang utuh. Terapi remediasi kognitif mengajarkan pasien untuk menggunakan kemampuan yang ada untuk mengkompensasi kekurangan di area lain.

Baca juga: Indra Bekti Pingsan: Jatuh di Toilet hingga Dilarikan ke RS

Berkonsultasi pasca operasi dengan dokter sangat penting untuk mencapai pemulihan yang utuh. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

* Memperbanyak interaksi sosial

* Meningkatkan aktivitas fisik

* Membuat jurnal harian

* Mengonsumsi obat-obatan tertentu

* Bermain permainan yang mengasah otak seperti teka teki silang atau pencarian kata.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews