Ternyata Segini Harga Trofi Piala Dunia, Terbuat dari Emas 18 Karat

Ternyata Segini Harga Trofi Piala Dunia, Terbuat dari Emas 18 Karat

Trofi asli Piala Dunia dipegang SBY saat tur ke Indonesia pada 2010.

Batam - Pada Piala Dunia 2022, Argentina berhasil meraih juara setelah mengalahkan Prancis di final. Dalam perayaan kemenangannya, Lionel Messi cs mengangkat dan mencium trofi Piala Dunia 2022.

Melansir dari eurosport, secara resmi trofi Piala Dunia terbuat dari emas 18 karat (75%). Trofi ini ini memiliki dasar berdiameter 13 cm yang menampilkan dua strip perunggu dengan tinggi 36,5 cm dan berat 6,175 kg.

Adapun jumlah emas yang digunakan membentuk sebagian besar trofi Piala Dunia bernilai sekitar US$ 161.000 atau setara dengan Rp 2,51 miliar (kurs Rp 15.600/dolar AS). Namun secara keseluruhan trofi ini bernilai US$ 20 juta (Rp 312 miliar).

Baca juga: Wow, Omzet Judi Bola Selama Piala Dunia 2022 Tembus Rp 545 Triliun

Meski demikian, Messi dan kawan-kawan tidak boleh membawa pulang trofi Piala Dunia 2022 yang asli, melainkan trofi replika yang terbuat kuningan dan berlapis emas. Sebab trofi Piala Dunia yang asli harus disimpan di Museum Sepak Bola Dunia FIFA di Zurich, Swiss dari waktu ke waktu.

Selain itu trofi ini juga banyak digunakan untuk upacara dan penampilan di undian dan/atau acara resmi Piala Dunia. Karenanya trofi emas ini tidak boleh dibawa pulang atau dimiliki oleh negara tertentu.

Sementara tim pemenang hanya dapat menerima replika perunggu berlapis emas, di luar itu para pemain individu dan anggota staf kunci semuanya juga diberikan medali emas mereka sendiri. Sehingga Messi cs tidak pulang dengan tangan hampa.

Baca juga: Segini Besaran Hadiah yang Diterima Argentina Usai Juara Piala Dunia 2022


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews