Ternyata Kiper Argentina Emiliano Martinez Pernah Main di Indonesia

Ternyata Kiper Argentina Emiliano Martinez Pernah Main di Indonesia

Emilio Martinez, Kiper Argentina di Piala Dunia 2022 menerima gelar kiper terbaik. (ist)

Batam - Emilio Martinez menjadi aktor penting yang membawa Argentina jadi Juara Piala Dunia 2022. Dalam partai puncak menghadapi Prancis di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022), Martinez tampil luar biasa.

Banyak penyelamatan penting yang dia lakukan pada pertandingan tersebut. Termasuk menggagalkan dua tendangan eksekutor Prancis pada babak adu penalti yaitu Kingsley Coman dan Aurelie Tchouameni.

Namun di balik kisah suksesnya itu, ternyata kiper berusia 30 tersebut ternyata pernah bermain di Indonesia. Ceritanya, ia pernah ikut dalam tur pramusim Arsenal di Indonesia pada 2013 silam. Di klub berjulukan The Gunners itu, dia memang banyak duduk di bangku cadangan.

Baca juga: Segini Besaran Hadiah yang Diterima Argentina Usai Juara Piala Dunia 2022

Namun pelatih Arsenal saat itu, Arsene Wenger, tetap turut memboyong kiper yang kini bermain untuk Aston Villa tersebut.

Dalam pramusim di Indonesia, Arsenal beruji coba dengan Indonesia Dream Team, yang saat itu bermaterikan pemain timnas Indonesia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 14 Juli 2013.

Hasilnya, pada pertandingan itu Arsenal menang telak dengan skor 7-0. The Gunners mendominasi jalannya pertandingan sejak peluit dibunyikan wasit. Meski pada babak pertama, mereka hanya mampu mencetak satu gol lewat Theo Walcott pada menit ke-19.

Baca juga: Daftar Juara Piala Dunia: Argentina 3 Kali, Brasil Masih yang Terbanyak

Gol tersebut bermula dari kesalahan pemain Indonesia, yang membuat Alex Oxlade-Chamberlain berhasil menguasai bola dan menusuk masuk ke dalam kotak penalti, yang kemudian mengirimkan umpan kepada Walcott dan diakhiri dengan sepakan berujung gol. 

Pada babak kedua, Arsenal mampu menambah enam gol lagi melalui Chuba Akpom, Olivier Giroud (2 gol), Lukas Podolski, Kris Olsson, dan Thomas Eisfeld.

Emiliano Martinez baru diturunkan Arsene Wenger pada menit ke-68 menggantikan kiper utama Lukasz Fabianski. Indonesia dalam laga ini memang cukup kesulitan untuk mengembangkan permainan maupun mendapatkan peluang. Hingga akhirnya, Indonesia harus rela menelan kekalahan telak di kandang sendiri pada laga ini.

Susunan Pemain Indonesia Dream Team vs Arsenal dalam uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 14 Juli 2013:

Indonesia Dream Team: 1. Kurnia Meiga, 2. Ruben Sanadi, 5. Victor Igbonefo, 7. Boaz Solossa (c), 8. Raphael Maitimo, 9. Sergio van Dijk ('56 Titus Bonai), 13. Ian Luis Kabes ('58 Verdy Mofu), 14. Imanuel Wanggai ('67 Tony Sucipto), 15. Ahmad Jufrianto ('38 Rizky Pellu), 16. M. Roby, 19. Hasim Kipuw.

Arsenal: 21. Lukasz Fabianski ('68 Martinez), 4. Per Mertesacker ('46 Koscielny), 8. Mikel Arteta ('46 Zelalem), 14. Theo Walcott ('46 Eisfeld), 15. Alex Oxlade-Chamberlain ('46 Olsson), 16. Aaron Ramsey ('68 Rosicky), 20. Ignasi Miquel, 25. Carl Jenkinson ('68 Sagna), 28. Kieran Gibbs ('46 Chuks Aneke), 30. Serge Gnabry ('68 Podolski), 32. Chuba Akpom ('68 Giroud)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews