Singapura Perkuat Maritim dengan 4 Kapal Selam Baru Buatan Jerman

Singapura Perkuat Maritim dengan 4 Kapal Selam Baru Buatan Jerman

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong menghadiri peluncuran kapal selam milik RSN Singapura di Jerman. (Foto: MCI Photo by Terence Tan via Facebook Lee Hsien Loong)

Singapura - Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) menambah kekuatan mereka dengan membeli kapal selam kelas Invincible buatan Jerman.

Total ada empat kapal yang dibeli dan dua yang terbaru yakni kapal selam kedua dan ketiga dari empat kapal selam kelas Invincible yakni Illustrious and Impeccable, yang diluncurkan pada Rabu (14/12/2022).

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dalam sebuah posting Facebook kemarin, mengatakan kapal selam itu akan membawa kemampuan modern dan canggih ke Angkatan Laut Singapura.

“Singapura adalah negara maritim dan RSN memiliki misi penting untuk menjaga Jalur Komunikasi Laut kita tetap terbuka.

“Insinyur dan ilmuwan pertahanan kami bekerja sama dengan tkMS (Thyssenkrupp Marine Systems) pada desain dan sistem untuk memenuhi kebutuhan kami,” katanya dilansir media Malaysia, Berita Harian.

Baca: Singapura Segera Miliki 12 Jet Tempur F-35B

Kapal selam ini juga disesuaikan dengan lingkungan operasional Singapura, terutama di perairan dangkal dan perairan asin Singapura yang menyebabkan lebih banyak korosi daripada air tawar.

Kapal selam Type 218SG baru pertama bernama Invincible diluncurkan pada awal 2019 oleh Menteri Pertahanan, Dr Ng Eng Hen dan kapal selam keempat bernama Inimitable masih dalam pembangunan.

Dalam postingan di Facebook, Hsien Loong menyatakan senang berada di peluncuran dua kapal selam di galangan kapal Sistem Kelautan Thyssenkrupp (TKMS) di Kiel, sekitar 90 kilometer dari Hamburg, di Jerman utara. Turut hadir, Kanselir Jerman, Olaf Scholz.

Hsien Loong mengatakan dia senang Scholz dapat berpartisipasi dalam peluncuran tersebut, yang mencerminkan persahabatan antara Singapura dan Jerman serta kekuatan dan hubungan pertahanan yang mendalam antara kedua negara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews