Singapura Urutan Pertama Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia Tahun 2022

Singapura Urutan Pertama Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia Tahun 2022

Merlion Park, salah satu landmark Singapura. (Foto: ist)

Singapura - New York dan Singapura berbagi posisi teratas sebagai kota termahal di dunia untuk ditinggali pada tahun ini, menurut sebuah survei baru.

Survei yang dilakukan Agustus dan September 2022 lalu membandingkan biaya lebih dari 400 orang yang menggunakan lebih dari 200 produk dan layanan di 172 kota di seluruh dunia.

Biaya hidup di 172 kota besar dunia melonjak rata-rata 8,1 persen selama setahun terakhir.

Menurut laporan Biaya Hidup Seluruh Dunia Unit Intelijen Ekonomi (EIU), lonjakan tersebut didorong oleh perang di Ukraina dan masalah rantai pasokan.

Tel Aviv yang tahun lalu menduduki peringkat teratas melorot ke posisi ketiga, sedangkan Hong Kong dan Los Angeles berada di lima besar kota termahal.

Sydney melonjak ke 10 besar karena ekspor yang kuat mendukung dolar Australia, sementara San Francisco juga melonjak ke posisi kedelapan.

Baca: Daftar 10 Negara dengan Harga BBM Termahal di Dunia, Hong Kong Teratas

Sementara itu, kota-kota Asia cenderung menghindari kenaikan harga yang tajam dengan kenaikan biaya hidup rata-rata sebesar 4,5 persen. Meskipun kinerja masing-masing negara bervariasi karena kebijakan pemerintah dan pergerakan mata uang.

Posisi Tokyo dan Osaka juga menurun masing-masing ke 24 dan 33, sementara suku bunga tetap rendah di ibukota Suriah Damaskus dan Tripoli, Libya melihatnya sebagai tempat termurah di dunia.

Selama 24 tahun terakhir, enam kota termahal di China semuanya melonjak dengan Shanghai memasuki 20 besar.

Baca: Tel Aviv Kini Jadi Kota Termahal di Dunia, Singapura Peringkat 2

Head of Global Cost of Living EIU, Upasana Dutt mengatakan, faktor perang di Ukraina, sanksi Barat terhadap Rusia dan kebijakan nol Covid-19 di China menyebabkan masalah rantai pasokan.

Hal itu juga ditambah dengan kenaikan suku bunga dan pergeseran nilai tukar sehingga mengakibatkan krisis biaya hidup hidup di seluruh dunia.

"Kami dapat melihat dampaknya dalam indeks tahun ini, dengan kenaikan biaya rata-rata di 172 kota dalam survei kami menjadi yang terkuat yang pernah kami lihat dalam 20 tahun," katanya dilansir Bloomberg.

Selanjutnya... Daftar kota dengan biaya hidup termahal

 

Berikut 10 kota termahal di dunia tahun 2022:

1. Singapura dan New York, Amerika Serikat (AS)
3.Tel Aviv, Israel
4. Hong Kong, China dan Los Angeles, AS
6. Zürich, Swiss
7. Jenewa, Swiss
8. San Francisco, AS
9. Paris, Prancis
10, Kopenhagen, Denmark dan Sydney, Australia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews