Imigrasi Batam Targetkan Peningkatan PNPB dari Kebijakan e-VoA 

Imigrasi Batam Targetkan Peningkatan PNPB dari Kebijakan e-VoA 

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Dengan adanya kebijakan pemberian Visa Kunjungan Saat Kedatangan atau Visa on Arrival (VoA) berdampak positif terhadap peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Hal tersebut terlihat di tempat lemeriksaan Imigrasi Batam, Kepulauan Riau, di Batam Center dengan jumlah pembelian VoA sejak awal tahun hingga kini yang telah mencapai 38.595. 

Dengan kata lain Imigrasi Batam telah memberikan kontribusi untuk penerimaan Negara sebesar Rp 19.297.500.000. 

Baca juga: Tarif VoA Tinggi Picu Sepinya Kunjungan Turis Mancanegara di Batam, Begini Respons Wali Kota Rudi

"Selain memberikan peningkatan pada PNBP, kebijakan Visa on Arrival dapat memicu peningkatan pariwisata yang memberikan efek domino yang positif bagi masyarakat," kata Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Batam, Subki, Minggu (11/12/2022).

Tepat pada event G-20 lalu, lanjutnya, Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan inovasi berupa Elektronic Visa On Arrival (e-VoA), untuk memudahkan investasi dan akses wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia. 

Saat ini, ada 86 negara yang dapat melakukan pembelian VoA, baik pada saat kedatangan atau melalui fasilitas e-VoA.

Baca juga: Pengusaha Ferry Batam-Singapura Keberatan Tarif VoA Masuk Kepri Capai Rp 500 Ribu

"Adanya peluncuran e-VoA diharapkan akan lebih meningkatkan PNBP yang berjalan seiring dengan peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

WNA dapat melakukan permohonan VoA melalui website molina.imgirasi.go.id. Setelah itu, mereka bisa melakukan pembayaran secara online menggunakan kartu kredit atau debit berlogo visa, mastercard, atau JCB. 

Jika telah melakukan pembayaran, permohonan e-Voa akan diverifikasi oleh petugas dan jika disetujui maka dikirimkan kepada orang asing melalui aplikasi.

Selanjutnya, mereka cukup mengunduh e-VoA yang telah disetujui dan menunjukkannya kepada petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Dengan ini, WNA tidak perlu mengantre lagi di loket pembayaran VoA. 

"Sejalan untuk mendukung berjalannya program ini, Imigrasi Batam pun menyediakan jalur prioritas kepada WNA yang menggunakan VoA," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews