Wisata Alam dan Safari Seru di Tengah Kota Batam

Serunya Memberi Makan Kelinci di Panbil Nature Reserve

Serunya Memberi Makan Kelinci di Panbil Nature Reserve

Pengunjung anak-anak tampak memberi makan kelinci di rabbit park, Panbil Nature Reserve. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Jenuh dengan aktivitas sehari-hari yang membosankan, tak ada salahnya mencoba tempat-tempat refreshing di tengah kota. Salah satu tempat wisata seru di Batam sebut saja Eco Edu Park Panbil Nature Reserve. Lokasi ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga atau teman-teman di akhir pekan.

Cagar alam Panbil ini dibuka 3 Desember 2021 lalu. Tempat ini punya berbagai wahana dan pemandangan alam yang cukup menyegarkan. Konsepnya Eco Edu Park, semacam wisata alam edukasi dan rekreasi.

Batam selama ini memang dikenal dengan wisata pusat perbelanjaan dan pantai. Nah Panbil Nature Reserve memberikan hal berbeda.

Pengunjung melakukan animal feeding di Koi Pond, atau kolam ikan Koi di Panbil Nature Reserve. (Foto: Batamnews)

Harga tiket sangat terjangkau. Sepedamotor dipatok tarif Rp 10.000, sementara mobil Rp 20.000. Lokasi ini juga tempatnya para ekspatriat yang tinggal di Villa Panbil untuk bersantai di sore hari atau sekedar berbelanja di supermarket yang ada di dalamnya.

Kebun binatangnya memang belum banyak satwa, namun cukup menyenangkan jalan-jalan sambil memberi makan kelinci, burung dan rusa di lokasi ini. 

Pengelola membangun rabbit park (taman kelinci), bird pavilion (penangkaran burung), peacock dome (kubah berisi burung merak), pigeon row (semacam sangkar merpati), koi pond (kolam ikan koi) dan reptile sanctuary (cagar alam reptil).

Panbil Eco Edu Park Nature Reserve. (Foto: Batamnews)

Fuad, petugas di Eco Edu Park Panbil Nature Reserve yang dijumpai Batamnews, Sabtu (3/12/2022) mengatakan, sementara ini ada empat wahana yang bisa dinikmati pengunjung dalam melakukan animal feeding (memberi makan satwa). "Ada wahana, rusa, burung, kelinci, ikan koi," ucapnya.

Sementara untuk reptile sanctuary dari pantauan Batamnews masih akan diupdate fasilitasnya oleh pengelola. Hanya tampak seekor biawak dan ular piton sekitar 10 meter yang sedang tidur di pinggir sangkar. 

Untuk animal feeding yang disebutkan Fuad, pengunjung dikenakan tarif Rp 110 ribu per orang untuk masuk semua wahana dan memberi makan langsung. "Kalau untuk ikan Koi saja, Rp 35 ribu aja," ucapnya.

Begitu juga pengunjung yang hanya ingin melakukan animal feeding atau animal encounter (melihat dari dekat) salah satu wahana saja, diperkirakan dikenakan tarif tak jauh berbeda. Tarif ini merupakan bagian dari biaya pakan hewan-hewan tadi.

Tampak sejumlah wisatawan asal Singapura sore itu tengah asyik memberi makan ikan. Begitu juga wisatawan lainnya yang bersama anak-anak bermain dan memberi makan kelinci di rabbit park.

Tempat ini juga punya spot-spot foto menarik. Selain itu, juga bisa dijadikan tempat jogging di sore hari. "Biasanya pengunjung ramai di akhir pekan," kata Fuad.

Lokasi wisata ini dibuka dari pukul 07.00 - 22.00 WIB,. Khusus berinteraksi dengan hewan-hewan hanya sampai pukul 18.00 WIB.  

Cece, seorang pengunjung dari Nagoya Batam menyempatkan waktu bersama anak-anaknya liburan ke lokasi ini. "Sengaja ke sini dari Nagoya, kebetulan libur jadi ngajak anak-anak," tuturnya.

Usai melihat-lihat satwa, pengunjung bisa bersantai di The Atrium. Lokasi ini terdiri dari kafe dan supermarket yang menjual berbagai macam makanan ringan dan makanan berat serta keperluan lainnya. Gerai seperti KFC, kuliner oriental yang berasal dari korea, gerai es krim dan coffee shop juga ada. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews