BLT BBM Mulai Disalurkan di Kota Batam, Sasarannya 28.990 KPM

BLT BBM Mulai Disalurkan di Kota Batam, Sasarannya 28.990 KPM

Pemko Batam menyalurkan BLT BBM di Kecamatan Lubuk Baja. (Foto: Margaret/Batamnews)

Batam, Batamnews - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Kota Batam mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengendalian inflasi 2022 pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Penyaluran perdana BLT tersebut diberikan kepada 1.271 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Lubuk Baja, di Depan Hotel Utama, Nagoya, Jumat (25/11/2022).

Para penerima BLT tampak telah duduk di kursi yang telah disediakan oleh panitia. Penyaluran BLT tersebut dilakukan oleh pihak ketiga yaitu PT Pos Indonesia dengan data dari Dinsos-PM Batam.

Baca juga: Penyaluran BLT UMKM Belum Jelas, Kemungkinan Baru Cair di 2023

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi secara simbolis memberikan BLT kepada warga penerima manfaat. Setelah itu, petugas melakukan verifikasi kepada setiap penerima.

Adapun persyaratan untuk penerima BLT yaitu, membawa undangan PT Pos Indonesia, KTP dan Kartu Keluarga. Kemudian data-data tersebut diberikan kepada petugas untuk diverifikasi.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinsos-PM, Leo Putra mengatakan, besaran BLT yaitu Rp 300 ribu. Adapun total penerima BLT inflasi sebanyak 28.990 KPM.

Baca juga: BLT Subsidi BBM di Batam Disalurkan Awal November Mendatang

“Mereka yang menerima merupakan masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kota Batam,” ujar Leo.

Ia menekankan, penerima BLT kali ini bukan sebagai penerima bantuan sosial (bansos) dari pusat, di antaranya: Program Keluarga Harapan (PKH), sembako, BLT pusat dan lainnya.

"Dalam DTKS sudah dapat by name by addressnya. Awalnya kami verifikasi sekitar 54 ribu KPM. Hasilnya 28.990," katanya.

Penyerahan BLT akan dilakukan dalam kurun waktu 31 hari ke depan. Di 12 titik kecamatan yang tersebar di seluruh Kota Batam.

(ret)
Komentar Via Facebook :