Eks Wasit Liga 1 Indonesia Bakal Pimpin Laga Piala Dunia 2022

Eks Wasit Liga 1 Indonesia Bakal Pimpin Laga Piala Dunia 2022

Wasit asal Iran, Alireza Faghani, yang menjadi salah satu pengadil di pertandingan Liga 1 2017. (TABLOID BOLA)

Doha, Batamnews - Piala Dunia 2022 akan digelar dalam hitungan hari lagi. Kickoff perdana akan digelar pada 20 November hingga 18 Desember mendatang, dengan Qatar menjadi tuan rumahnya.

Menariknya, ada mantan asisten wasit Liga 1 Indonesia yang berkesempatan memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022. Dia adalah Alireza Faghani.

Soal perangkat pertandingan, FIFA telah merilis nama-namanya sejak 19 Mei lalu. FIFA membawa 36 wasit, 69 asisten wasit, dan 24 asisten VAR ke Piala Dunia 2022.

Baca juga: Jordi Amat dan Sandy Walsh Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

Dalam pesta akbar sepakbola di Qatar nanti, FIFA untuk pertama kalinya menyertakan tiga wasit perempuan, dan tiga asisten wasit perempuan.

Di antara nama-nama yang akan menjadi pengadil di lapangan nanti, rupanya ada yang pernah bekerja di Liga 1 Indonesia. Ada satu wasit yang pernah memimpin kerasnya pertandingan di Tanah Air.

Wasit asal Iran, Alireza Faghani, merupakan mantan wasit yang pernah memimpin laga kompetisi Liga 1. Wasit berusia 44 tahun itu pernah memimpin 6 pertandingan di Liga 1 tahun 2017.

Faghani memimpin laga Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Persija Jakarta vs PS TNI, Persib Bandung vs Madura United, Persija Jakarta vs Semen Padang, Barito Putera vs Bali United, dan terakhir laga Arema FC vs Persipura Jayapura.

Baca juga: Lima Tim Unggulan di Piala Dunia 2022, Brasil Teratas!

Selama memimpin pertandingan di Indonesia, Faghani terbilang 'kejam'. Menurut data worldfootball, ia mengeluarkan 14 kartu kuning dan satu kartu merah dalam 6 pertandingan.

Faghani sendiri sudah punya jam terbang tinggi sebagai wasit. Ia pernah memimpin pertandingan di level nasional, tingkat Asia seperti Liga Champions Asia, Piala Asia, dan level internasional seperti Olimpiade, Piala Konfederasi 2018, serta Kualifikasi Piala Dunia.

Bahkan, Piala Dunia 2022 bukan ajang besar pertamanya. Ia juga sempat memimpin laga di Piala Dunia 2018 di Rusia empat tahun lalu.

Selain Alireza Faghani, ada pula Mohammadreza Mansouri. Asisten wasit asal Iran itu juga pernah menjadi asisten wasit di Liga 1 2017. Saat itu, ia mendampingi Alireza, dan kini ikut dipanggil untuk menjadi official di Piala Dunia 2022.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews