Jordi Amat dan Sandy Walsh Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

Jordi Amat dan Sandy Walsh Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

Sumpah WNI Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Foto: Soni Insan Bagus/kumparan)

Jakarta - Proses naturalisasi dua pemain sepakbola, Jordi Amat dan Sandy Walsh berlangsung mulus. Keduanya kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mereka merampungkan proses naturalisasi usai melakukan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Kedua pemain tersebut sejatinya baru saja tiba di Indonesia. Jordi Amat tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (17/11) dini hari WIB, sementara Sandy Walsh sudah datang lebih dulu, yakni pada Rabu (16/11) sore.

Pantauan kumparan di Kantor Kemenkumham, Jordi Amat dan Sandy Walsh mengenakan pakaian jas formal lengkap dengan peci di kepala saat melakukan proses Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan.

"Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing dan tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan UUD Negara RI Tahun 1945 dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai WNI dengan tulus ikhlas," ucap keduanya saat disumpah.

Sebelumnya, Amat dan Walsh sudah menjalani rangkaian proses panjang naturalisasi. Itu dimulai dengan interview bersama Badan Intelijen Negara (BIN), tes fisik dan kesehatan di Jakarta, serta mendapatkan rekomendasi Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Kemudian, pada 9 November silam, Presiden Joko Widodo menandatangani surat keputusan terkait naturalisasi dua pemain tersebut. Sehingga, proses pengambilan sumpah untuk menjadi WNI bisa terlaksana.

Adapun Jordi Amat dan Sandy Walsh dinaturalisasi untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Kedua pemain tersebut merupakan keinginan Shin Tae-yong dan sudah pernah mengikuti sesi latihan bersama timnas.

Saat ini, Jordi Amat berusia 30 tahun dan bermain di Liga Malaysia bersama Johor Darul Ta'zim. Sementara itu, Sandy Walsh adalah bek kanan 27 tahun yang berseragam tim Belgia, KV Mechelen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews