Raih 6 Piala, Kepri Masuk 10 Besar MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Raih 6 Piala, Kepri Masuk 10 Besar MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Para finalis MTQ XXIX asal Kepri (foto: istimewa)

Batam - Provinsi Kepulauan Riau meraih 6 piala bergengsi pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX di Kalimantan Selatan  pada 13-19 Oktober lalu. 

Para peserta yang bertanding tersebut di bawah pimpinan ketua kafilah Tengku Afrizal Dachlan, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, sekaligus pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kepri. 

Wakil Gubernur Kepri yang juga Ketua Umum LPTQ Kepri Marlin Agustina Rudi, mengatakan, tidak mudah bagi peserta dari Kepri untuk meraih capaian juara tersebut, mengingat lawan dari kafilah lain cukup tangguh untuk ditaklukkan. 

Baca: Kepri Targetkan Peringkat 5 Besar MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan 2022

Namun akhirnya berhasil masuk urutan ketujuh ranking 10 besar MTQ Nasional XXIX tahun 2022. Menurutnya hal itu merupakan pencapaian luar biasa sehingga Kepri patut diperhitungkan dalam ajang serupa. 

"Alhamdulillah, kita masuk 10 besar berkat kerja keras dan doa-doa kita semua sehingga bisa mengharumkan nama Kepri,“ ujar Marlin Agustina yang hadir secara langsung menyaksikan kegiatan penutupan di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (18/10/2022). 

Di tempat yang sama, Sekretaris Pelaksana Harian LPTQ Kepri, Riama Manurung, mengatakan, mereka yang mendapatkan gelar juara pada MTQ ini adalah M. Aria Marshal sebagai juara pertama cabang tilawah anak-anak. 

Nanda Anan Mumtaz mendapatkan juara ke tiga cabang satu juz dan tilawah, terdapat Atikah Dwi Lestari juga sebagai juara ke tiga cabang tafsir Bahasa Indonesia, Zulaikha merupakan juara kedua cabang Qira'at Murottal Remaja, kemudian Syamimi Assahira juara pertama cabang 5 juz dan tilawah, dan Leni Marlinda meraih juara pertama cabang cacat netra. 

"Peserta dari Kepri yang kita boyong merupakan putra putri asli Kepulauan Riau. Alhamdulillah 6 peserta masuk final dan tiga orang berhasil menjadi juara 1, satu orang juara 2 dan dua orang juara tiga," ujar Riama.

Baca: Kota Batam Sabet Juara Umum MTQ IX Provinsi Kepri di Anambas

Ia berharap, prestasi ini minimal mampu dipertahankan oleh peserta lainnya untuk ajang dua tahunan yang akan datang dan berharap nantinya Kepri harus masuk dalam urutan 5 besar. 

Diketahui Kepulauan Riau mengikuti seluruh cabang perlombaan pada MTQ tingkat nasional pada 8 cabang dan 23 golongan. Jumlah peserta sebanyak  54 orang, terdiri atas 27 orang putra dan 27 orang putri. 

Sedangkan jumlah peserta dari 34 kafilah Provinsi di Indonesia sebanyak 1.676 peserta. Kegiatan ditutup secara resmi oleh  Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews