Warga Kepri, Berikut 8 Cara Alami Redakan Flu Akibat Cuaca Musim Hujan

Warga Kepri, Berikut 8 Cara Alami Redakan Flu Akibat Cuaca Musim Hujan

Influenza (Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative)

Jakarta, Batamnews - Hujan kerap mengguyur sejumlah wilayah di Kepulauan Riau (Kepri). Akibatnya, tak jarang seseorang terkena flu. Saat gejala flu muncul, rasanya tentu akan sangat menggangu.

Alih-alih mengonsumsi banyak obat flu yang tersedia di pasaran, akan lebih baik jika Anda mencoba beberapa cara alami untuk mengatasinya. Ada beberapa cara alami redakan flu yang bisa Anda coba.

Flu umumnya disebabkan oleh virus. Ada beberapa virus yang dapat menyebabkan flu. Musim hujan jadi kondisi ideal bagi virus untuk berkembang biak.

Berikut beberapa cara alami mengatasi flu yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Minum air

Memenuhi asupan cairan sangat penting dilakukan saat Anda mengalami gejala flu. Mengutip Healthline, air membantu menjaga hidung, mulut, dan tenggorokan tetap lembap. Cara ini membantu tubuh menyingkirkan lendir yang menumpuk.

2. Istirahat

Sangat penting untuk beristirahat dan tidur lebih banyak saat flu menyerang. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan virus penyebab flu.

3. Makan sup ayam

Cara alami redakan flu lainnya adalah mengonsumsi semangkuk sup ayam hangat. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, cara ini juga membantu melonggarkan dan memecah hidung serta sinus yang tersumbat.

Tak cuma itu, kaldu juga dapat membantu mengisi kembali nutrisi saat Anda terserang flu.

 

4. Minum susu

Mineral zinc berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Zinc membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan virus. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa zinc dapat meringankan gejala flu. Susu merupakan salah satu sumber zinc terbaik. Anda bisa meminum segelas susu hangat setiap pagi.

Selain susu, zinc juga bisa didapat dari sumber lain, seperti:

- daging merah,
- kacang-kacangan,
- buncis,
- biji-bijian,
- telur.

5. Kumur-kumur air garam

Kumur-kumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat flu. Cara ini juga dapat membersihkan lendir yang menumpuk. Campurkan 1/2 sdt garam dengan 200 mililiter air hangat. Kumur-kumur dengan campuran tersebut selama 10-30 detik, lalu bilas.

6. Minuman herbal

Beberapa bahan herbal memiliki sifat antivirus alami. Selain itu, minuman hangat juga dapat membantu menenangkan tenggorokan.

Berikut beberapa bahan herbal yang bisa Anda coba:

- teh hijau atau hitam,
- susu kunyit,
- jahe hangat,
- cengkeh.

 

7. Oleskan minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial dipercaya dapat melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Salah satu studi menemukan minyak tea tree membantu melawan virus flu dengan memperlambat laju penggandaan virus.

Selain tea tree oil, Anda juga bisa mencoba minyak esensial lain seperti berikut:

- kayu manis,
- peppermint,
- kayu putih,
- lemon.

Gunakan minyak esensial sesuai petunjuk. Jangan sampai Anda menelan minyak esensial karena beracun.

8. Menghirup uap

Mandi uap dapat membantu melembapkan tenggorokan dan saluran hidung, sekaligus membersihkannya dari lendir. Mengutip Everyday Health, cukup didihkan air, lalu masukkan ke dalam ember di kamar mandi. Anda bisa menghirup uapnya hingga 10 menit.

Demikian beberapa cara alami redakan flu yang bisa Anda coba. Jika gejala tak berkurang, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews