Musim Penghujan, Kasus DBD di Lingga Oktober 2022 Meningkat

Musim Penghujan, Kasus DBD di Lingga Oktober 2022 Meningkat

Ilustrasi fogging untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Lingga, Batamnews - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan langsung Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular di Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Wirawan Trisna Putra, Senin (17/10/2022).

"Iya, karena kita saat ini memasuki musim penghujan, jadi kasus penyakit-penyakit yang bersumber dari nyamuk, yakni DBD mengalami peningkatan," kata dia ketika dikonfirmasi Batamnews.

Seperti diketahui, meningkatnya angka pasien sejak sepekan terakhir.

Baca juga: PS Sungai Buluh Juara Turnamen Sepakbola Piala Muhammad Rudi Desa Kote di Lingga 2022

"Di bulan Oktober ini saja mengalami peningkatan dari beberapa bulan sebelumnya. Untuk di wilayah Kecamatan Singkep dan Singkep Pesisir ada 8 kasus DBD yang dilaporkan dari pihak Puskesmas ke Dinkes Lingga," ujarnya.

Guna menekan peningkatan angka pasien yang terdampak penyakit demam panas tinggi atau DBD, Dinkes Lingga kata Wirawan telah melakukan beberapa upaya.

"Kami dari Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pihak Puskesmas telah melakukan imbauan untuk mencegah penularan penyakit DBD ini," tuturnya.

Baca juga: BUMDes Amanah di Lingga Gelar Pelatihan Batik Ecoprint, Maratusholiha Nizar Singgung Keseriusan Peserta

"Salah satu upaya pencegahan terkait kasus ini, dengan upaya 3M, menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat untuk sarang nyamuk," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, terhitung sejak Januari hingga Oktober 2022, terdapat 75 kasus DBD yang tersebar di beberapa daerah di Kabupaten Lingga.

(cr1)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews