Saran agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat, Hindari 2 Minuman Ini

Saran agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat, Hindari 2 Minuman Ini

Ilustrasi. Foto: Getty Images/andresr

Jakarta, Batamnews - Novelis sohor Kevin Kwan blak-blakan soal dua minuman yang tidak pernah diminumnya di dalam pesawat. Dia juga membeberkan alasannya.

Kevin, penulis novel Crazy Rich Asians, dan diangkat menjadi film populer beberapa tahun lalu, memiliki banyak pengalaman traveling. Bepergian naik pesawat sudah jadi kegiatan rutinnya.

Nah, dalam penerbangan berulang kali itu Kwan semakin memahami hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan dalam penerbangan. Termasuk soal minuman.

Baca juga: Catat Nih! Cek Kesehatan Mental di Puskesmas Bisa Pakai BPJS Kesehatan

"Saya benar-benar mencoba untuk tidur di pesawat, terutama saat harus terbang ke negara-negara Asia. Saya tidak minum alkohol karena saya pikir itu benar-benar membuat Anda dehidrasi," dalam wawancara dengan CN Traveler dan dikutip The Sun, Selasa (11/10/2022).

Merujuk studi, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. Dan, karena pesawat juga memiliki dampak dehidrasi pada tubuh manusia, penumpang akan kehilangan cairan yang sangat dibutuhkan jika mereka tetap mengonsumsi wine atau bir saat berada di udara.

Selain minuman keras, Kevin juga menghindari minum kafein. Dia bilang kopi bukan minuman yang biasanya dipilihnya.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Menurut studi, minuman berkafein memiliki efek yang sama pada tubuh seperti alkohol selama penerbangan. Minum kopi sebelum penerbangan dapat menyebabkan lebih sering ke kamar mandi. Imbasnya, badan akan dehidrasi lebih cepat.

Kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala dan insomnia. Kondisi itu tidak ideal jika traveler mencoba untuk tidur selama penerbangan.

"Saya juga tidak mengonsumsi kafein sama sekali. Saya memiliki ritual," ujar Kevin.

"Saya akan menunggu untuk makan dan saya akan selalu mencoba untuk menonton film yang pernah saya lihat sebelumnya saat saya sedang makan. Dan kemudian saya akan pergi tidur," ujar dia.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews