Misteri Planet Kuno Theia Berada di Kedalaman Bumi

Misteri Planet Kuno Theia Berada di Kedalaman Bumi

Foto: NASA

Jakarta - Banyak ilmuwan sepakat bahwa Bulan terbentuk ketika protoplanet yang dinamakan Theia, menabrak Bumi yang masih dalam tahap awal terbentuk, pada sekitar 4,5 miliar tahun silam. Kini satu tim ilmuwan mengetengahkan teori baru, bahwa sisa-sisa Theia masih bisa ditemukan di bawah Bumi.

 

Material yang dulunya merupakan Planet Theia mungkin dapat dijumpai di lapisan bebatuan yang terkubur jauh di dalam mantel Bumi ini. Kenapa demikian?

Dilansir Science Mag, pakar seismolog lama kebingungan dengan adanya dua gumpalan massa besar bebatuan misterius di bawah permukaan Bumi. Satu di bawah Afrika dan satu lagi di bawah lautan Pasifik. Sebutannya adalah large low-shear-velocity provinces (LLSVPs).

Baca juga: Astronom Temukan Bukti Planet Baru, Layak Huni?

Gumpalan itu dianggap sebagai anomali, dengan tinggi sampai seribu kilometer dan lebarnya lebih luas dari itu, serta dekat dengan inti Bumi. "Mereka adalah hal paling besar di mantel Bumi," kata Qian Yuan, mahasiswa Ph.D di Arizona State University yang turut serta dalam riset mengenai Planet Theia beberapa waktu yang lalu.

Material itu pun lebih padat dan secara kimiawi berbeda dengan bebatuan yang mengelilinginya. Maka muncullah teori bahwa gumpalan itu bukan asli berasal dari planet ini. Terlebih bahan kimia yang terkait dengan gumpalan itu kemungkinan sama tuanya dengan usia Planet Theia.

Lapisan Planet Theia sendiri diperkirakan lebih padat dari Bumi, sehingga bisa saja terakumuluasi di dekat inti Bumi setelah tabrakan terjadi. "Hal ini menyebabkan material mantel Theia tenggelam di mantel bawah Bumi dan terakumulasi," kata Qian.

Baca juga: Helikopter NASA Terbang Lebih Tinggi Lagi di Planet Mars

Teori mengenai Planet Theia yang disebut cukup gila itu memang belum dapat dibuktikan lantaran sangat sulit untuk meneliti secara detail dasar Bumi. Namun menurut Qian kemungkinan teori itu benar tidak bisa dikesampingkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews