Muswil Asperindo Batam, Zainul Bahri Harapkan Industri Pengiriman Bangkit Lagi Pasca Pandemi

Muswil Asperindo Batam, Zainul Bahri Harapkan Industri Pengiriman Bangkit Lagi Pasca Pandemi

Pembukaan Muswil Asperindo Batam.

Batam, Batamnews - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), melaksanakan musyawarah wilayah (muswil) ke-VI di Harmoni One Hotel Batam, Kamis (13/10/2022).

Ketua DPW Asperindo Batam, Zainul Bahri mengatakan, muswil kali ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, namun karena Covid-19 akhirnya tertunda hingga 2 tahun.

“Muswil biasanya dilaksanakan 4 tahun sekali, karena pandemi jadi masa kepengurusan kali ini jadi 6 tahun,” ujar Zainul.

Baca juga: Asperindo Kepri: Program Harbolnas Kesempatan UMKM Lokal Beralih ke Digital

Dalam 6 tahun terakhir ini, Zainul mengungkapkan banyak hal yang di luar dugaan terjadi, salah satunya situasi perekonomian jasa titip yang mulai menurun sejak diberlakukannya PMK 199 tahun 2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak Atas Impor Barang Kiriman.

“Sangat terasa sekali, pemasukan menurun hingga 40-50 persen,” katanya.

Dalam PMK tersebut diatur barang yang bernilai di atas US$ 3 dollar atau setara Rp 45 ribu dikenakan pajak per kiriman. Akibatnya jasa pengiriman menjadi terimbas karena kebijakan tersebut.

“Sudah kami terima aja (kebijakan PMK 199/2019) karena sudah ketetapan dari Pemerintah Pusat,” ucapnya.

 

Namun ia berharap pada pengurus Asperindo selanjutnya tetap mengusulkan ada solusi terbaik, agar industri jasa pengiriman dapat meningkat.

“Sudah disampaikan ke Bea Cukai, tapi kembali lagi itu peraturan dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Zainul memastikan dirinya tidak akan maju lagi menjadi Ketua DPW Asperindo Khusus Kota Batam. Ia menginginkan adanya regenerasi di organisasi tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPW Aperindo Khusus Kota Batam, Arif Budiyanto menambahkan, pelaksanaan muswil tersebut berlangsung hanya satu hari saja. Agenda muswil sendiri terdiri dari laporan kegiatan, laporan pertanggungjawaban dan pemilihan ketua baru.

“Serta ada juga pembahasan rancangan kerja untuk kepengurusan baru,” ujarnya.

Arif juga menyampaikan Asperindo Batam dalam dua tahun terakhir menjadi ujung tombak pendistribusian yang berkaitan dengan Covid-19.

“Hal-hal yang berkaitan Covid-19 seperti vaksin dan lain-lain telah kami distribusikan dengan baik, kami juga bekerjasama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana),” kata dia.

Muswil DPW Asperindo Batam dibuka oleh Asisten Pemerintahan Setdako Batam Yusfa Hendri sebagai perwakilan dari Wali Kota Batam. Kemudian hadir juga perwakilan dari Bea Cukai Batam dan perwakilan DPP Asperindo.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews