Webinar Literasi Digital Kemenkominfo di Wilayah Sumatera, Bagikan Tips Personal Branding

Webinar Literasi Digital Kemenkominfo di Wilayah Sumatera, Bagikan Tips Personal Branding

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate 

Batam, Batamnews - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI melaksanakan webinar di wilayah Sumatera dan sekitar, untuk menargetkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia bisa pada level tinggi.

Saat ini literasi digital masyarakat Indonesia masih berada pada level sedang dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indeks 4 pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. Hal ini berdasarkan survei nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks.

“Kenaikan skor indeks literasi digital ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3.46,” ujar Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, saat membuka acara webinar literasi digital.

Target untuk menaikkan literasi digital ini didorong oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat, karena terpacu akibat pandemi Covid-19. Masyarakat didorong untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital.

Baca juga: Ratusan Startup-Raksasa Global Buka Kantor di Batam, Ada Apa?

“Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat ini lah yang mempertegas kita sedang berada di masa percepatan transformasi digital,” jelas Samuel.

Menurutnya, percepatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.
 
“Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat”, kata dia.

Maka dari itu, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Sumatra dan sekitarnya untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar, talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta spesial event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Baca juga: Kominfo Cari 150 Startup Founders Baru di Batam dan Pekanbaru

Lanjutan kegiatan webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk Komunitas/Masyarakat Sumatera dan sekitarnya di bulan September ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 pukul 08.00 - 10.00 WIB dengan tema “Tisp Dunia Digital: Personal Branding Melalui Sosial Media”.

Webinar ini menghadirkan Kepala Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, Fajria Fatmasari; CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Pradipta Nugrahanto; Indonesia Market Editor for FIFA+ & Praktisi Literasi Digital, Tio Prasetyo, sebagai narasumber.

Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting dan anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://bit.ly/PendaftaranSumatra24846

E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui di berbagai media sosial Media Literasi Digital Kominfo.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews