Kominfo Cari 150 Startup Founders Baru di Batam dan Pekanbaru

Kominfo Cari 150 Startup Founders Baru di Batam dan Pekanbaru

Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang bertema “Potensi Inovasi Digital untuk Membangun Potensi Daerah” pada tanggal 23 Juli 2022, di kampus Universitas Universal Batam dan Indigo Space Pekanbaru secara hybrid yang dihadiri lebih dari 800 orang. 

Batam - Industri startup di Indonesia sedang mengalami masa keemasannya selama beberapa tahun terakhir. Banyak startup baru mulai bermunculan setelah kesuksesan para pendahulunya mendapat predikat unicorn dan decacorn. 

Momen ini pula yang menjadi landasan Kementerian Komunikasi dan Informatika menghadirkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sebagai salah satu wujud nyata akan kebutuhan pendampingan dan pemberdayaan untuk menjawab tantangan dunia digital kedepannya.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2016, dengan pencapaian 300+ penggerak dari berbagai sektor, 400+ mentor dari berbagai sektor, 100.000+ calon startup founder, dan lebih dari 1.400+ startup yang sudah dirintis. 

Pada tahun 2022, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menginisiasi pembentukan 17 Hub yang akan menjadi pusat pelaksanaan kegiatan dan pembinaan program 1000 Startup Digital di daerah. 

Hub 2 yang mencakup wilayah Kepri, Riau dan Jambi hadir untuk membantu pembentukan ekosistem digital di 3 provinsi ini. Salah satu bentuk nyatanya adalah dengan diadakannya Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang bertema “Potensi Inovasi Digital untuk Membangun Potensi Daerah” pada tanggal 23 Juli 2022, di kampus Universitas Universal Batam dan Indigo Space Pekanbaru secara hybrid yang dihadiri lebih dari 800 orang. 

Acara ini pun turut dihadiri oleh perwakilan Gubernur Kepulauan Riau yaitu Bapak Aludin Ali selaku Sekretaris Dinas Kominfo Kepri, Perwakilan Walikota Pekanbaru yaitu Bapak Mahyudin selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Bapak Dr. Bonifasius W. Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo RI dan Bapak Yodi selaku Wakil Rektor Universitas Universal Batam. 

Beberapa startup lokal juga turut menghadiri dan mendukung jalannya kegiatan Roadshow ini seperti Pasar20 (Kota Batam), Gebu (Kota Pekanbaru) dan Remoter.id (Kota Tanjungpinang) dan tidak lupa para panelis yaitu Ibu Amiyandra selaku Strategic Synergy MDI Ventures, Bapak Zulkifli selaku Pimpinan Indigo Space Pekanbaru, Ibu Dhea Luciany selaku Marketing & Student Acquisition Apple Academy Infinite Learning dan Bapak Pizaini, S.T., M.Kom. selaku Faculty Advisor Riau Devops UIN SUSKA Riau.

Tujuan roadshow ini selain untuk memberikan awareness kepada masyarakat juga sekaligus mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam gerakan ini sehingga kedepannya diharapkan dapat menjadi bibit-bibit baru startup lokal yang mampu meningkatkan inovasi digital di daerah. 

Adapun hal yang luar biasa dari program ini adalah seluruh rangkaian kegiatan atau program terbuka untuk semua umur, profesi dan latar belakang serta tidak dipungut biaya sepeser pun. Beberapa universitas yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Roadshow ini antara lain Universitas Universal, Universitas Putera Batam, Institut Teknologi Batam, Batam Tourism Polytechnic, Universitas Internasional Batam, Universitas Terbuka, Universitas Ibnu Sina, STIE Bentara Persada Batam, Universitas Maritim Raja Ali Haji, STIE Pembangunan Tanjungpinang, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau, Universitas Andalas, STMIK Indonesia Padang, Universitas Nurdin Hamzah Jambi dan STMIK Amik Riau.

Universitas Universal Batam ditunjuk sebagai tuan rumah dalam hal ini karena telah menghasilkan lulusan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital terbanyak tahun lalu untuk wilayah Kota Batam, juga bertekad untuk terus mendukung gerakan ini bersama sama dengan kampus, komunitas dan juga asosiasi khususnya di daerah Kepri dan Riau.

(*)