Tiga Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak via Online, Tak Perlu ke Kantor Cabang

Tiga Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak via Online, Tak Perlu ke Kantor Cabang

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui aplikasi Mobile JKN dengan mudah dan praktis. (Foto: DOK. SHUTTERSTOCK/SHALSTOCK)

Batam, Batamnews - Mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak, bisa dilakukan hanya melalui ponsel atau handphone (hp). Artinya, Anda tidak perlu susah-susah pergi ke kantor cabang.

Melansir situs resmi BPJS Kesehatan, perusahaan asuransi negara itu sengaja memberikan layanan cek status BPJS Kesehatan secara online melalui hp untuk memudahkan peserta.

Dengan layanan cek BPJS Kesehatan di hp ini, peserta jadi tak perlu repot datang dan antre di kantor cabang hanya untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan saja. Sebab, hal tersebut bisa menyita waktu berjam-jam.

Baca juga: Dua Cara Mudah Cetak Kartu BPJS Kesehatan via Online

Cara cek apakah BPJS aktif atau tidak melalui hp ada tiga. Pertama, melalui aplikasi BPJS Kesehatan, yaitu Mobile JKN. Kedua, melalui Care Center 165.

Ketiga, melalui layanan Chat Assistant JKN alias Chika yang hadir di WhatsApp dengan nomor 0811-8750-400, Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, dan Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI.

Namun perlu diingat agar peserta menyiapkan nomor identitas peserta seperti yang ada di kartu BPJS Kesehatan. Nomor kepesertaan ini diperlukan agar sistem atau admin bisa membantu proses pengecekan.

Selain nomor BPJS Kesehatan, peserta juga bisa cek BPJS Kesehatan dengan NIK alias Nomor Induk Kependudukan yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews