Kapolda Sumbar Gantikan Irjen Nico Afinta Jabat Kapolda Jatim yang Dicopot Kapolri

Kapolda Sumbar Gantikan Irjen Nico Afinta Jabat Kapolda Jatim yang Dicopot Kapolri

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta memberikan keterangan pers di Polres Malang. Saat ini Nico Afinta digeser ke Mabes Polri diganti Irjen Teddy Minahasa. (Foto: ANTARA)

Jakarta, Batamnews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta menjadi Sahlisosbud Kapolri. Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022.

"Ya betul mas tour of duty dan tour area," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi mengenai Surat Telegram tersebut, Senin (10/10/2022).

Dia mengatakan mutasi merupakan hal biasa. Dia menyebut mutasi ditujukan untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Baca juga: Polri Akui Ada Gas Air Mata Kedaluwarsa yang Dipakai di Stadion Kanjuruhan

"Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim bakal dijabat oleh Irjen Teddy Minahasa Putra. Sebelumnya, Irjen Teddy menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Lalu, Kapolda Sumbar bakal diisi oleh Irjen Rusdi Hartono. Kemudian, Brigjen Asep Edi Suheri juga dimutasi menjadi Wakabareskrim Polri.

Pencopotan Nico Afinta ini diduga tak lepas dari tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 131 orang. Selain itu korban luka mencapai 700an orang. 

Nico diduga bertanggungjawab atas jatuhnya korban-korban tersebut setelah polisi melepaskan gas air mata ke arah penonton. Hal itu menjadi pemicu, penonton lari keluar stadion dan berdesak-desakan hingga terinjak-injak. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews