4 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi makan bawang putih. (Foto: www.naturalalternativeremedy.com)

Jakarta, Batamnews - Bawang putih tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dimakan mentah.

Melansir Healthline, bawang putih merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan allicin, senyawa yang mengandung belerang. Allicin memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Mengolah bawang putih dengan cara memasaknya, entah ditumis, panggang, maupun rebus membuat kandungan allicinnya berkurang.

Sebaliknya, memakan bawang putih secara mentah dapat membuat kandungan allicinnya terjaga, sehingga memberi manfaat lebih banyak ke tubuh.

Baca juga: 5 Minuman Segar Penurun Gula Darah

Lantas, apa manfaat makan bawang putih mentah? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menyatakan kandungan allicin dan antioksidan dalam bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat makan bawang putih mentah lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung.

Baca juga: 11 Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami, Praktis dan Ampuh!

3. Menstabilkan kadar gula darah

Penelitian lain menunjukkan manfaat konsumsi bawang putih dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan manajemen gula darah.

Hal ini membuat kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil. Manfaat ini baik untuk penderita diabetes tipe dua.

4. Melindungi kesehatan otak

Beberapa penelitian terhadap hewan menyatakan manfaat makan bawang putih mentah dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak.

Namun, penelitian manfaat ini terhadap manusia masih terbatas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews