11 Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami, Praktis dan Ampuh!

11 Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami, Praktis dan Ampuh!

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Banyak orang mencari cara mengusir kecoa karena serangga ini menjijikkan dan membawa banyak bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), kecoa berperan membawa bakteri yang bisa menyebabkan penyakit usus, seperti disentri, diare, kolera, sampai demam tifoid.

Selain itu, kecoa juga merupakan salah satu sumber alergen atau bisa menimbulkan alergi. Kandungan alergen ini terdapat di kotoran, bagian tubuh yang rontok, telur, sampai air liur kecoa.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengetahui cara mengusir kecoa di kamar tidur, dapur, sampai kamar mandi agar rumah benar-benar terbebas dari kecoa.

Berikut 11 bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa dengan cepat, dilansir dari berbagai sumber.

1. Daun salam

Cara menghilangkan kecoa di dapur bisa menggunakan daun salam. Rupanya, kecoa tidak menyukai wangi daun salam. Anda bisa menghancurkan beberapa lembar daun salam, kemudian taburkan di area datangnya kecoa. Misalnya, di kabinet dapur di bawah sink atau sudut-sudut rak penyimpan makanan.

Selain dihancurkan, cara menghilangkan kecoa di rumah secara alami dengan daun salam juga bisa dengan merebusnya. Rebus beberapa lembar daun salam, kemudian semprotkan air rebusan ke daerah datangnya kecoa.

2. Soda kue

Cara mengusir kecoa berikutnya adalah dengan menggunakan soda kue atau baking soda. Caranya, iris tipis bawang bombay, lalu taburi soda kue.

Kemudian, letakkan bawang bombay di piring sebagai umpan untuk kecoa. Saat kecoa mengonsumsi bawang bombay tersebut, mereka akan menelan gas yang terkandung dalam soda kue, lalu mati.

Ini merupakan cara membasmi kecoa yang paling ampuh karena kecoa jadi benar-benar berkurang.

3. Bawang putih

Cara ampuh mengusir kecoa lainnya adalah menggunakan bawang putih. Sebab, kecoa tak suka bau menyengat dari bawang putih. Ambil beberapa siung bawang putih, lalu hancurkan dan tabur di daerah yang kerap didatangi kecoa.

4. Kopi

Kecoa rupanya juga tak suka aroma kandungan asam dari ampas kopi. Nah, jika Anda sudah selesai ngopi, jangan buang ampasnya. Tapi, jemur sampan kering, lalu taburkan di daerah datangnya kecoa. Selain ampas, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi baru yang belum diseduh.

Cara mengusir kecoa dengan kopi bisa digunakan di kamar tidur karena bau kopi tidak akan mengganggu Anda. Hal ini juga bisa dijadikan cara menghilangkan kecoa di mobil.

5. Boraks

Campuran boraks dan gula bisa menjadi cara membunuh kecoa tanpa menyentuh. Anda hanya perlu mencampur boraks dan gula, lalu taruh di daerah datangnya kecoa. Saat kecoa mengonsumsi campuran boraks dan gula, ia akan dehidrasi dan mati dengan cepat.

 

6. Minyak aromaterapi

Cara mengusir kecoa selanjutnya dengan minyak aromaterapi, misalnya yang berbau peppermint. Aroma ini menenangkan manusia, namun justru tak disukai oleh kecoa.

Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi sebagai cara mengusir kecoa di kamar tidur secara alami. Sebab, tak akan mengganggu sirkulasi udara Anda saat tidur.

Caranya, bisa menggunakan humidifier maupun menyemprotkan campuran air dan minyak aromaterapi di sudut-sudut datangnya kecoa.

7. Jeruk

Kecoa rupanya juga tak suka aroma jeruk, sehingga Anda bisa menggunakan jeruk sebagai cara membasmi kecoa di rumah. Caranya, teteskan beberapa minyak jeruk ke air untuk mengepel lantai. Aromanya tidak akan terdeteksi oleh manusia, namun bisa membuat kecoa menghindar.

8. Timun

Cara mengusir kecoa lainnya dengan menggunakan irisan timun yang diletakkan di mangkuk di daerah datangnya serangga ini. Pasalnya, kecoa juga tak suka aroma timun. Anda bisa menggunakan timun sebagai cara mengusir kecoa di kamar mandi maupun dapur.

9. Daun catnip

Kecoa tidak menyukai aroma daun catnip. Catnip merupakan tanaman mint yang berpotensi sebagai bioinsektisida untuk membasmi serangga maupun kecoa.

Ini karena daun catnip mengandung senyawa nepatalactone yang bersifat racun terhadap kecoa. Caranya, tinggal rebus daun catnip di air. Kemudian, semprotkan air rebus catnip ke daerah datangnya kecoa.

10. Kayu manis

Cara membasmi kecoa di rumah juga bisa menggunakan kayu manis. Taburkan saja bubuk kayu manis di daerah datangnya kecoa. Kecoa tidak menyukai aromanya sehingga akan pergi.

11. Cuka

Ada kecoa di kamar mandi? Nah, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka, lalu siram ke saluran pembuangan air di kamar mandi. Siram juga ke sudut-sudut kamar mandi agar kecoa tidak punya tempat bersembunyi.

Itulah cara mengusir kecoa yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

(ruz)