Tidak Pernah Sakit, Apakah BPJS Kesehatan Bisa Dicairkan?

Tidak Pernah Sakit, Apakah BPJS Kesehatan Bisa Dicairkan?

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Manfaat BPJS Kesehatan salah satunya untuk menjamin biaya kesehatan keluarga jika sakit. Tetapi bagaimana dengan mereka yang tak pernah sakit, apakah BPJS Kesehatan bisa dicairkan?

Saat seseorang pasien terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Hak yang didapatkan adalah jaminan kesehatan sesuai kelas yang diikuti, sementara kewajibannya adalah membayar iuran per bulan.

Keberadaan BPJS Kesehatan untuk memastikan masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan yang layak. Jika seseorang ingin berhenti dari keanggotaan, tidak bisa begitu saja dilakukan karena ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi. Mulai dari meninggal dunia, hingga pindah kewarganegaraan.

Baca juga: Tiga Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak via Online, Tak Perlu ke Kantor Cabang

Lalu bagaimana jika Anda kerap membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan dan tidak pernah sakit, apakah iuran tersebut bisa diklaim atau dicairkan?

Para peserta yang membayar iuran memang berhak mendapatkan jaminan kesehatan. Sakit atau tidak, kepesertaan BPJS Kesehatan tetap berlaku sebagaimana mestinya. Sehingga, jawaban dari pertanyaan di atas adalah tentu tidak.

Pasalnya, BPJS Kesehatan menganut sistem gotong royong. Saat iuran yang selama ini dibayarkan tidak terpakai atau tidak diklaim, makan akan digunakan sebagai subsidi silang untuk membantu peserta BPJS Kesehatan lainnya.

Meski demikian, tidak ada yang dirugikan dalam hal ini. Pasalnya dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka biaya pengobatan pasien dapat ditanggung, apalagi jika biaya pengobatan terbilang cukup tinggi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews