Getaran Gempa Tapanuli Utara Terasa Hingga di Malaysia

Getaran Gempa Tapanuli Utara Terasa Hingga di Malaysia

(Foto: USGS via Harian Metro)

Kuala Lumpur - Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara diguncang gempa berkekuatan 6 magnitudo pada Sabtu (1/10/2022) sekira pukul 2.28 WIB dini hari.

Getaran gempa ini terasa hingga ke Malaysia. Demikian diungkap oleh Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia), dilansir Harian Metro.

Menurut departemen tersebut, getaran gempa dirasakan di Lembah Klang, Selangor, Negeri Sembilan, Melaka dan Perak. MetMalaysia akan terus memantau situasi.

Baca: Gempa Guncang Tapanuli Utara: 8 Luka, 1 Tewas Kena Serangan Jantung

Gempa di Tapanuli Utara ini merupakan gempa dangkal yang dipicu aktivitas Sesar Besar Sumatera Segmen Renun yang bergeser. 

Menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa 6 magnitudo ini episenternya terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, pada kedalaman 10 Km. 

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa ini merupakan jenis dangkal dan merusak.

Baca: Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo Guncang Aceh dan Sekitarnya, BMKG Sebut Tak Ada Potensi Tsunami

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera segmen Renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Daryono dikutip dari kumparan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews