Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo Guncang Aceh dan Sekitarnya, BMKG Sebut Tak Ada Potensi Tsunami

Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo Guncang Aceh dan Sekitarnya, BMKG Sebut Tak Ada Potensi Tsunami

Ilustrasi.

Banda Aceh - Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang wilayah Meulaboh, Aceh Barat, dan sekitarnya pada Sabtu (24/9/2022) pagi.

Melansir kumparan, laporan BMKG menyebutkan gempa terjadi pukul 03.52 WIB, dengan pusat gempa berada di laut 45 kilometer barat daya Meulaboh. Sementara kedalaman gempa 22 kilometer.

Guncangan gempa ini dirasakan di sejumlah daerah. Dirasakan di Pasie Raja dengan skala IV MMI, artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Baca: Gempa Megathrust 6,4 Magnitudo Guncang Mentawai, Warga Sempat Mengungsi

Lalu, di Banda Aceh dan Meulaboh dengan skala III MMI, artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Kemudian, juga dirasakan di Pidie dengan skala II MMI, artinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Meski demikian belum ada informasi terkait dampak kerusakan maupun korban akibat gempa ini.

BMKG menyebut gempa ini disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia, dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews