Cara Analisa Teknikal Bitcoin Dengan Mudah

Cara Analisa Teknikal Bitcoin Dengan Mudah

ilustrasi

KETIKA berkecimpung pada dunia cryptocurrency maka kamu harus mampu menganalisa pergerakan harga dari aset crypto yang kamu miliki, salah satunya Bitcoin. Analisis teknis Bitcoin bisa menjadi faktor utama yang menjaga nilai investasi pada aset kripto.

Kamu perlu memahami proses analisis teknis Bitcoin. Analisis teknis Bitcoin adalah cara untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan dengan memeriksa pola yang telah terjadi, melalui candle atau grafik. 

Cara sederhana adalah pola support atau harga bitcoin hari ini terpantau dari bawah yang beranjak naik keatas. Atau dengan pola kebalikannya, yaitu resistance, dimana harga bitcoin terpantau terus turun dari atas.

Untuk lebih jelasnya, investor atau pedagang baru dapat mempelajari tip analisis teknis untuk Bitcoin dan cryptocurrency lainnya di Internet. Termasuk belajar tentang website Indodax.academy dan media sosial resmi Indodax yang menawarkan berbagai macam tips dan penjelasan analisa teknikal.

Sekilas Tentang Analisis Teknis Bitcoin 

Dalam dunia perdagangan mata uang Bitcoin, investor dan pedagang sering mencari untuk mendapatkan keuntungan tertinggi. 

Analisis teknis Bitcoin adalah salah satu cara paling umum untuk menemukan harga terbaik saat kamu ingin membeli dan menjual. 

Memahami Analisis Teknis Bitcoin 

Analisis teknis Bitcoin adalah metode penelitian di dunia keuangan untuk memprediksi pergerakan harga aset kripto. Perkiraan tersebut dibuat dengan melihat pergerakan harga dan nilai volume aset bitcoin di masa lalu.

Sistem ini mencakup teknik matematika dan angka statistik yang disajikan dalam grafik untuk memudahkan pelanggan atau investor menemukan harga terbaik saat membeli atau menjual aset.

Umumnya, analisa teknikal Bitcoin dilakukan dengan menganalisa price action atau pergerakan harga menggunakan tiga langkah untuk analisa teknikal.

Cara Analisis Teknis Bitcoin 

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang tiga langkah yang dapat diikuti saat menganalisis aset dan teknologi bitcoin. 

1. Metode Analisis Teknis Bitcoin: Mengamati Pergerakan Pasar 

Langkah pertama adalah melihat arah pergerakan harga suatu aset kripto saat ingin membeli atau menjual. 

Saat melakukan analisa teknikal, perlu diketahui bahwa ada tiga pergerakan harga, yaitu menyamping atau konsolidasi, naik dan turun.

Ketika harga bergerak menyamping atau konsolidasi, seringkali terjadi ketidakpastian di pasar. Ketidakpastian berarti bahwa harga tidak dapat diprediksi naik atau turun. 

Situasi ini harus dihindari jika kamu ingin berbisnis, karena mungkin akan mengarah pada metode yang salah atau curang. Pergerakan lainnya adalah penyesuaian harga atau depresiasi, yaitu ketika harga properti turun.

Ketika harga turun, analis biasanya menunggu untuk membeli sampai mereka mendapatkan konfirmasi lagi. Yang terakhir adalah pergerakan apresiasi harga aset, yaitu saat harga naik secara signifikan. 

Secara umum, posisi ini digunakan oleh investor untuk membeli, tetapi analis yang andal menggunakannya untuk mulai merekomendasikan penjualan. 

Hal ini karena seorang analis yang handal akan menjual saat harga mulai naik dan membeli saat harga turun untuk mendapatkan keuntungan. Sayangnya bagi peneliti pemula, masalah psikologis akan mempengaruhi yang lain atau disebut FOMO.

2. Tentukan Terget

Langkah kedua adalah memutuskan niat untuk membeli atau menjual dan mempertahankan kontrol risiko. Untuk mengidentifikasi target, analis melihat harga yang paling banyak dikunjungi saat harga naik atau turun.

Analisis analitis disebut analisis support dan resistance dimana support berarti batas bawah harga dan resistance adalah batas atas harga. Batas-batas ini dapat ditemukan dengan melihat tujuan dan mencantumkannya.

Biasanya, posisi terendah atau dukungan digunakan sebagai poin untuk membeli atau memotong kerugian, dan tertinggi atau resistensi digunakan sebagai poin untuk mengambil keuntungan. Saat mencari bagian bawah dan atas pergerakan harga, indikator Fibonacci juga bisa menjadi alat yang berguna.

3. Mencari Konfirmasi

Langkah ketiga adalah meminta persetujuan atau konfirmasi untuk membeli dan menjual aset crypto. Ada dua cara untuk menemukan konfirmasi saat kamu ingin membeli atau menjual aset bitcoin. 

Yang pertama adalah melihat pergerakan atau perilaku harga, ketika ada perubahan atau pembalikan, konfirmasi bisa mulai muncul di sana. 

Keuntungan terbesar biasanya didapat saat trader atau investor membeli atau membuka posisi saat terjadi pembalikan. Karena pergeseran tersebut merupakan awal dari sebuah gerakan baru yang dapat bertahan dan memberikan pengembalian investasi.

Kedua adalah melihat pola grafik dan pola candlestick untuk mengkonfirmasi pembalikan. Ada tipe chart dan pola candlestick yang mengindikasikan potensi apresiasi harga dan tipe lain yang mengindikasikan potensi koreksi.

Harap dicatat bahwa prinsip-prinsip ini tidak perlu dihafal, tetapi harus dipelajari karena akan sangat berguna selama ujian. 

Semua langkah ini dapat dicari di internet karena ada banyak situs yang menawarkan tips dan bahkan saran tentang standar akreditasi ini. 

Setelah menemukan konfirmasi, trader atau investor dapat membeli atau membuka posisi. Perlu diingat bahwa analisis teknis bitcoin masih tidak menjamin bahwa prediksi akan selalu 100 persen benar. 

Oleh karena itu, analisis teknis harus dikombinasikan dengan manajemen risiko untuk jangka panjang di pasar crypto atau pasar keuangan lainnya. 

Ini adalah tiga metode atau metode analisis teknologi bitcoin, kamu disarankan untuk meninjau Pergerakan nilai bitcoin, sebelum kamu mulai trading.

Ikuti isu Tentang Crypto 

Masalah terkait kripto sering mengganggu pemasar. Masalah dapat berupa FOMO atau FUD, yang dapat mempengaruhi pedagang dan menyebabkan fluktuasi harga kripto. Untuk anda dapat memprediksi bahwa isu ini akan menyebabkan harga naik atau turun, kamu dapat melihat isu yang menyebar, jika bagus kemungkinan akan naik dan jika buruk harga kemungkinan akan naik turun. 

Dari isu-isu yang dapat kamu temui dengan mudah di berbagai forum hingga portal, maka kamu setidaknya memiliki gambaran tentang situasi pasar dan dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada harga crypto.

Kombinasi Analisis Fundamental dan Teknikal 

Metode ini dianggap 60 persen lebih baik daripada memprediksi dari grafik. Oleh karena itu, banyak pedagang dan pemegang saham saat ini lebih nyaman untuk menggabungkan analisis fundamental dan teknis.

Metode ini dapat membantu kamu memprediksi bagaimana harga kripto akan naik atau turun. Contoh terbaru adalah pengumuman Tesla membeli Bitcoin, setelah berita tersebut tersiar, harga Bitcoin langsung naik.

Dari sana, kita tahu jika berita tentang perusahaan besar atau orang yang membeli atau percaya pada Bitcoin, membantu menaikkan harga properti. Sebaliknya, jika ada orang penting yang tampaknya ditetapkan kembali, itu mungkin juga harga raja.

Untuk analisa, kamu dapat menggunakan price action atau melihat pergerakan harga dan penggunaan candlestick. Di sini, kamu dapat menemukan candlestick yang muncul pada waktu-waktu tertentu.

Kemudian kamu dapat melihat bagaimana pola candlestick terlihat dari waktu ke waktu. Dari sini, kamu dapat memprediksi ke arah mana harga akan bergerak dengan melihat sejarah candle yang dibuat sebelumnya, sehingga kamu bisa cuan.

Untuk kamu yang ingin investasi kripto dengan mudah, maka bisa download Pintu: platform jual beli aset digital oleh PT. Pintu Kemana Saja di Appstore atau Playstore kamu sekarang! 

(jun)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait