Jalan Batam Diperlebar Cuma untuk Parkir? 

Jalan Batam Diperlebar Cuma untuk Parkir? 

Bahu jalan yang baru dilebarkan Pemko Batam di kawasan greenland ramai kendaraan parkir melintang. Kendati sejumlah rambu larangan parkir ditempatkan di lokasi itu. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Usai pelebaran jalan di kawasan Greenland, Batam Center misalnya, lokasi badan jalan yang baru ditambah malah berfungsi jadi tempat parkir.  Hal serupa juga tampak di depan Pelabuhan Internasional Batam Center.

Apakah tujuan Pemko Batam memperlebar jalan tersebut hanya untuk lokasi parkir? Jawabannya tentu tidak!

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim mengaku beberapa kali turun ke jalan mengingatkan kepada pengendara untuk tidak parkir di badan jalan. Bahkan sejumlah rambu larangan parkir juga sudah ditempatkan.

Baca juga: Tukang Parkir Tergeletak Tak Bernyawa di Pangkalan Ojek Jodoh 

Namun sepertinya hal itu tak diperdulikan pengendara. Selain mereka juga bingung mau parkir dimana, saat ini juga belum ada solusi yang 'masuk akal'. Apalagi sejumlah ruko di kawasan tersebut sudah banyak yang memperluas area jualan hingga ke pinggir trotoar.

Dinas Perhubungan sendiri mengaku sudah melakukan solusi masalah parkir ini ke kawasan terkait. "Tadi pagi, kami hanya sosialisasi di Greenland. Kalau masih juga tak diindahkan terpaksa akan kita derek," tegasnya, Jumat (23/9/2022).

Sebelumnya Dishub Batam dikatakannya pernah menyosialisasikan sampai menindak kendaraan-kendaraan yang parkir di badan jalan kawasan itu.

Baca juga: Sempat Kabur, Pria Penikam Tukang Parkir di Simpang Kara Batam Diringkus Polisi

"Kami juga tak mungkin memantau 24 jam di sana. Kadang mereka (pengendara) kucing-kucingan parkir liar di badan jalan," ujar Salim.

Lantas kenapa tukang parkir masing anteng-anteng saja memungut tarif ke pengendara?

Untuk juru parkir di sana, Salim mengatakan akan dipindahkan ke kawasan jalan sebelah Morning Bakery, Greenland.

"Sebenarnya jukir (juru parkir) itu hanya bertugas di sebelah Morning Bakery saja. Kami sudah minta semuanya untuk pindah di seberang jalan lagi," kata dia.

Salim menyebut mengularnya mobil yang parkir di jalan itu karena adanya perbaikan jalan. Jika sudah selesai, maka hal itu dikatakannya kemungkinan tidak akan terjadi.

"Sekarang mobil-mobil yang harusnya parkir di area sebelah Morning Bakery itu, pindah ke sisi satunya lagi, makanya jadi panjang parkir liar itu. Tapi setelah jalan selesai, kemungkinan dapat diminimalisir," pungkasnya.

Selanjutnya: Tanggapan netizen...

Terkait peleberan jalan yang hanya jadi lokasi parkir, sejumlah netizen @batamnewsonline bereaksi. Berikut sejumlah tanggapan mereka:

 

@junaediibr****:  Plang dilarang parkir jd percuma dipasang disitu. Oknum masyarakat yg parkir disitu belum terbiasa diatur, atau mungkin terbiasa tidak tertib.

@skylineout****: perasaan dr dulu emg udh lebar,,, dan parkir emg disitu trs lancar aja gaperna macet juga, malahan kan yg lagi diperlebar jalan disebelahnya gak sih?

@batamadvert**** Yg duluan berdiri disitu rukonya apa jalan yg di perlebar?ruko itu berdiri tentu sdh ada izin peruntukannya untuk dbangun apa. Mestinya proyek pelebaran jalan nya ada studi kelayakan dulu. Maket awal pembangunan daerah disitu seperti apa awalnya? Jgn salah kan pemilik ruko. Mereka beli ruko untuk usaha....mungkin kedepannya yg kasih izin pembangunan ruko dipertimbangkan juga area parkir yg tidak mepet jalan. Jadi sewaktu ada pelebaran jalan tidak berdampak kehilangan tempat parkir.

@vellax**** yang tanya parkir dimana, itu depan ruko harusnya buat parkir. cuma malah dipake buat nambah area jualan, dan ada yg disewain lagi ke org lain buat jualan 😃

@d.hang****: Trus tempat parkir yg benernya dimana? Kalo orang ngga boleh parkir disitu trus gimana nasib orang yg berdagang di ruko situ?

@norakris****: Parkir nya paralel guys… jd man teman klo pd jajan disana yuk kita parkir paralel jd ga makan jalan , masih lebar jalan nya 😊

@stefanusd****: Sama kayak di bengkong,di lebarin cm buat parkir

@ardiant**** Dulu sebelum dilebarin, parkirnya lurus searah jalan, sekarang pas dilebarin malah parkir melintang. Hahahaha

@refina****: Mending di kasi marka kuning zigzag kyk di jogja, buat tanda ga boleh parkir sembarangan😌😌 asal parkir langsung diangkut🤣🤣
 

(jun)