Dishub Siapkan Aplikasi Pengguna Bus Trans Batam, Bisa Lihat Posisi Bus

Dishub Siapkan Aplikasi Pengguna Bus Trans Batam, Bisa Lihat Posisi Bus

ilustrasi

Batam, Batamnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, saat ini tengah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Pengguna Trans Batam (SIP TB).

Aplikasi tersebut digadang-gadangkan untuk mempermudah pengguna transportasi umum; Bus Trans Batam.

Baca juga: Jadwal dan Tarif Terbaru Layanan Trans Batam Seluruh Rute

"Kami di tahun 2022 ini, tepatnya bulan April sudah membuat aplikasi untuk Trans Batam," kata Kepala BLU UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Batam, Bambang Sucipto, Senin (22/8/2022).

Meski telah dibuat sejak April 2022 lalu, aplikasi ini belum digunakan secara meluas ke seluruh pengguna. Masih ada beberapa perbaikan di dalamnya.

Aplikasi SIP TB sudah tersedia di Play Store dan bisa diunggah oleh masyarakat Batam. Namun, bagi pengguna Iphone mesti harus menunggu.

"Tapi secara tidak langsung sudah kami informasikan, karena beberapa pengembangan sedang kami lengkapi," kata dia.

Menurutnya, secara umum aplikasi tersebut sudah bisa digunakan oleh pengguna. Jadi kegunaan dari aplikasi itu, pengguna jasa layanan Trans Batam, bisa mengetahui di mana posisi bus itu berada.

Baca juga: Bayar Tiket Bus Trans Batam Kini Cukup Pindai Kode QRIS

Penumpang tahu dalam beberapa menit lagi bus akan sampai halte terdekat. Sehingga penumpang bisa lebih mudah menunggu di lokasi yang dirasa nyaman.

"Jadi dengan lihat posisi busnya di mana kita bisa menjadwalkan kapan harus sampai ke halte biar tidak lama menunggu," ujar Bambang.

Selain itu, di aplikasi itu nantinya pelanggan bisa melakukan pembelian tiket secara langsung. 

 

"Jadi nanti di situ ada fitur pembelian tiket di dalamnya. Kita bekerja sama dengan Astra Pay. Tapi masih disetel ulang apalikasi itu," ujarnya.

Para pelanggan nanti akan mendapat barcode setelah melakukan pembelian tiket di aplikasi. "Tinggal datang ke halte, tunjukan barcode itu," kata dia.

Terkait sosialisasi aplikasi ini menurutnya sudah mulai dilaksanakan. Dimulai dari para pegawai Dishub.

"Dari periode April sampai sekarang, sudah kami download untuk internal kami dulu, suruh pelajari dulu. Pengguna sudah kami informasikan di setiap papan pengumuman di halte," kata dia.

Ia meminta masyarakat pengguna Trans Batam untuk menunggah aplikasi tersebut. Jika ada yang perlu ditanyakan bisa menghubungi call centre Dishub Batam.

"Masyarakat sudah bisa pakai untuk melihat lokasi bus, biar lebih mudah menunggu tak perlu lama-lama," tutupnya. 

(jun)
Komentar Via Facebook :