Saat Semesta Bicara, Amsakar Achmad Merasa dapat 'Kode Keras' Maju Pilkada Batam

Saat Semesta Bicara, Amsakar Achmad Merasa dapat

Amsakar Achmad. (ist/media center batam)

Batam, Batamnews - Pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Kepulauan Riau masih dua tahun lagi, tepatnya di 2024 mendatang.

Namun, kompetisi untuk maju dalam perhelatan politik memperebutkan Batam 1 sudah mulai hangat.

Jika jelang pemilihan pada periode sebelumnya, Batam selalu 'ramai' dengan baliho-baliho bergambar tokoh yang berhasrat menjadi wali kota, kini tak seperti itu.

Baca juga: Tekad Amsakar Achmad Maju Pilkada Batam, Bakal Hengkang dari Nasdem?

Persaingan justru muncul dari incumbent yang sedang berkuasa. Keduanya adalah Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Sosok-sosok ini merupakan orang terkenal. Bahkan, keduanya juga berasal dari biduk politik yang sama, Partai NasDem.

Pada Rabu (21/9/2022), terjadi sebuah momen tak terduga di gedung DPRD Batam. Nama Amsakar diserukan untuk maju sebagai Wali Kota Batam pada Pilkada 2024 mendatang. 

Baca juga: Tenaga Honorer di Batam Mulai Didata, Amsakar: Jumlahnya 3.500 Orang, Mau Dilapor ke Pusat

Seruan itu muncul dari puluhan anggota dewan yang menyerukan hal itu di sela sidang paripura penyampaian pandangan fraksi terhadap RAPBD Batam 2022.

Amsakar hanya melempar senyum saat berjabat tangan dengan para pemimpin sidang dan anggota DPRD yang hadir usai rapat.

Sehari kemudian, pria yang lahir pada 1 Agustus 1968 itu menyatakan keyakinannya untuk maju pada Pilwako 2024. Menurutnya tidak ada alasan dirinya tidak untuk maju setelah berbagai pengalaman yang dia miliki hingga saat ini. 

 

“Sudah 17 tahun saya menjadi ASN di Pemko Batam, dan 8 tahun belakangan ini saya mendampingi pak wali, jadi sudah 25 tahun Batam menjadi rumah besar bagi saya,” ujar Amsakar di Kantor DPRD Batam, Kamis (22/9/2022). 

Keyakinan itu diperkuat karena dalam beberapa acara yang dihadiri, ia mengaku diberikan semangat oleh warga yang hadir di berbagai kesempatan. 

“Agaknya mereka memahami Pak Am (Amsakar), bahwa saya perlu disemangati,” katanya. 

Mengenai persiapan untuk maju Pilwako 2024, ia mengaku saat ini masih mengalir saja. Namun Amsakar menegaskan, ia tidak akan mengambil manuver yang berpotensi meningkatkan eskalasi politik. 

“Saya fokus maju, tapi paling penting fokus menyelesaikan tugas-tugas bersama Pak Wali,” ujarnya. 

Menanggapi hasrat politik Marlin, yang notabene istri Wali Kota Rudi sekaligus Ketua DPW Partai NasDem Kepulauan Riau, Amsakar mengatakan dirinya menaruh rasa hormat kepada siapa pun yang berkompetisi ke depan. 

Ia menginginkan politik bisa dibangun secara santun dan sehat tanpa perlu membangun rivalitas yang membuat ‘tidak enak’. 

“Tidak perlu saling black campaign, negative campaign figur-figur yang akan maju, dan paling penting, setiap warga memiliki hak,” kata dia.

Saat disinggung mengenai keputusan Partai NasDem, menurut Amsakar terlalu dini partai memutuskan sekarang. Namun tentunya partai melihat elektabilitas dan popularitas. 

 

“Rata-rata partai melihat itu (elektabilitas dan popularitas), Ketum Nasdem juga melihat hal tersebut, baik pencalonan presiden, gubernur, bupati/wali kota, ada parameternya, sekitar 80 persen tepat yang diusulkan,” kata Amsakar yang kini menjabat Ketua DPC Partai NasDem Kota Batam. 

Mengukur elektabilitas dan popularitas dilakukan oleh lembaga survei. Dari hasil survei itu kemudian menjadi tolak ukur sehingga pihak DPP dan DPW secara internal memformulasikan dan diputuskan oleh partai. 

“Sebagai kader, saya juga harus terus bergerak, menambah tingkat elektabilitas dan popularitas saya,” katanya. 

Amsakar menambahkan, hingga saat ini, angka elektabilitas dan popularitasnya sudah cukup tinggi. Baik secara suvei maupun berdasarkan pengamatannya. 

Terkait dorongan maju Pilkada Batam, Amsakar ibarat merasa 'semesta berbicara'. Ia seakan dapat 'kode keras' dari banyak kalangan masyarakat Batam dalam setiap acara.

“Saya melihat fakta yang ada di ruang publik, terus terang misalnya ada 10 acara, saya menangkap keikhlasan mereka bicara 2024 untuk menyemangati saya,” ucapnya.

(ret)