Ratu Elizabeth II Tinggalkan Surat Rahasia untuk Warga Sydney, Baru Boleh Dibuka Tahun 2085

Ratu Elizabeth II Tinggalkan Surat Rahasia untuk Warga Sydney, Baru Boleh Dibuka Tahun 2085

Ratu Elizabeth II. (Foto: REUTERS/POOL)

Jakarta, Batamnews - Ratu Elizabeth II meninggalkan surat rahasia untuk warga Sydney, Australia. Sayangnya, isi surat itu belum bisa diketahui sekarang, dan hanya boleh dibuka tahun 2085 nanti.

Surat tersebut disembunyikan di kapsul waktu dan diletakkan di Gedung Ratu Victoria yang terletak di Sydney. Surat itu secara spesifik ditujukan kepada Wali Kota Sydney.

"Di hari yang sesuai, yang dipilih oleh Anda pada 2085 M, tolong buka surat ini dan bacakan pesan saya kepada warga Sydney," demikian instruksi surat tersebut.

Surat itu juga ditandatangani dengan tulisan "Elizabeth," seperti dikutip news.com.au.

Baca juga: Ciri Tangis Meghan Markle di Pemakaman Ratu Elizabeth Disebut Pura-pura

Sebagaimana diberitakan The  Independent, surat ini sangat rahasia hingga staf personal Ratu pun tak mengetahui isi surat itu.

Di sisi lain, lokasi penyimpanan surat rahasia ini, yakni Gedung Ratu Victoria, merupakan gedung yang dibangun untuk merayakan diamond jubilee Ratu Elizabeth pada 1898.

Gedung itu sempat ingin dihancurkan pada 1950-an untuk dijadikan tempat parkir mobil, tetapi berhasil digagalkan. Surat tersebut merupakan salah satu warisan Ratu Elizabeth II sebelum ia meninggal beberapa waktu lalu di Istana Balmoral.

(ruz)