Hindari Tidur dengan Rambut Basah Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi

Hindari Tidur dengan Rambut Basah Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi

Ilustrasi tidur dengan rambut basah. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Batamnews - Buat kamu yang suka tidur setelah keramas dan tidak mengeringkannya, segera ubah kebiasaan tersebut. Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan sejumlah masalah untuk helai rambut dan kulit kepala.

Sebab saat helai rambut basah, rambut dan kulit kepala Anda sebenarnya lebih rentan terhadap kerusakan.

"Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi kulit kepala: bakteri yang tidak diinginkan, infeksi jamur, iritasi kulit, gatal, kekeringan, kemerahan, dan ketombe," kata penata rambut Miko Branch, salah satu pendiri merek perawatan rambut Miss Jessie's Original, dikutip dari Mind Body Green.

Selain itu, tidur dengan rambut basah dapat merusak kutikula rambut, membuatnya rontok, membuat rambut bau tidak sedap (kelembaban bercampur keringat alami) dan membuat rambut berantakan.

Baca juga: Jawaban Najwa Shihab Usai Sering Ditanya Kenapa Belum Berhijab

Terlebih lagi, tidur dengan rambut basah dapat meningkatkan kekusutan dan ujung rambut bercabang. Jadi, jika rambut Anda cenderung mudah kusut atau kusut di ujungnya, Anda mungkin perlu mengeringkan rambut sebelum tidur atau memilih keramas esok harinya.

Dan juga, jika Anda juga seseorang yang menderita masalah kulit kepala seperti iritasi, ketombe, dan peradangan, mungkin juga perlu mengevaluasi kembali kebiasaan tidur dengan rambut basah, karena mungkin itu adalah akar penyebabnya.

Namun jika keramas harus tetap dilakukan pada malam hari, sebaiknya luangkan waktu lebih lama untuk mengeringkannya dulu sebelum tidur. Tak perlu sampai sangat kering, yang penting tidak begitu basah.

(ruz)