Mager hingga Kurang Tidur, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Perut Buncit

Mager hingga Kurang Tidur, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Perut Buncit

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut buncit, terutama perilaku keseharian yang Anda sadari maupun yang tidak disadari.

Penyebab utama perut buncit yaitu penumpukan lemak di perut, atau biasa disebut lemak viseral. Meski tampak tidak berbahaya, perut buncit bisa memicu risiko berbagai penyakit yang berbahaya seperti kondisi obesitas dan penyakit jantung.

Agar tidak salah langkah, di bawah ini beberapa kebiasaan yang diam-diam dapat membuat perut Anda buncit.

1. Malas gerak atau mager

Terlalu banyak duduk ternyata bisa membuat perut buncit. Mengutip berbagai sumber, sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin tidak aktif seseorang, semakin banyak lemak visceral yang dibangun di bagian tengah tubuh.

Tidak aktif juga dikaitkan dengan memiliki lebih banyak lemak di perut. Lebih banyak bergerak, seperti berjalan di bawah sinar matahari juga meningkatkan aliran darah yang dapat membantu mobilisasi lemak di area yang lebih membandel, seperti usus untuk digunakan sebagai energi.

2. Sering konsumsi makanan olahan

Konsumsi makanan olahan jadi salah satu kebiasaan penyebab badan kurus tapi perut buncit. Mengonsumsi makanan olahan berarti Anda tidak mendapatkan cukup vitamin, mineral, fitonutrien, dan serat agar tubuh bisa bekerja dengan baik.

Terlalu banyak makanan olahan otomatis membuat lemak di perut akan menumpuk. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan gerak yang cukup.

3. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal yang memengaruhi banyak wanita. Mengutip Insider, orang dengan PCOS dapat memiliki kadar testosteron lebih tinggi dari normal. Kondisi ini bisa menambah berat badan dan perut kian buncit.

4. Kurang tidur

Tidur lima jam atau kurang setiap malam telah dikaitkan dengan peningkatan lemak perut. Kurang tidur menurunkan metabolisme untuk menghemat energi dan merangsang tubuh dalam menyimpan lemak.

Bukan cuma kurang tidur, kelebihan tidur atau tidur lebih dari delapan jam juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kemungkinan hal ini bisa terjadi karena lebih banyak waktu di tempat tidur berarti lebih sedikit waktu untuk aktif bergerak.

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Namun, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews