Cara Simpan Ayam di Kulkas dan Freezer agar Awet Berbulan-bulan

Cara Simpan Ayam di Kulkas dan Freezer agar Awet Berbulan-bulan

Ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Sehabis belanja ayam, biasanya ada dua hal yang kamu lakukan yaitu langsung mengolah atau menyimpannya untuk stok masak berikutnya. Jika kamu akan menyimpan ayam, ada berapa hal yang perlu diperhatikan pada prosesnya.

Pasalnya, ayam merupakan bahan makanan daging mentah yang mudah rusak. Ayam mengandung bakteri yang bisa merusak daging ayam sendiri maupun bahan makanan lain.

Melansir Australian Chicken Meat Federation, daging ayam sebaiknya disimpan di kulkas secara terpisah dari makanan matang, bisa ditaruh di rak bawah kulkas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara menyimpan daging ayam di kulkas yang benar, aman, dan tetap higienis.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Berikut Tips Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar

1. Daging ayam tidak perlu dicuci

Setibanya di rumah, Anda bisa langsung menyimpan daging ayam dalam plastik kemasannya ke freezer kulkas tanpa perlu dibersihkan terlebih dulu. Hal ini memang harus disegerakan untuk menghindari pembusukan dan daging ayam tidak terkontaminasi bakteri lain yang merusak kualitasnya.

Setidaknya, jangan biarkan daging ayam berada di suhu ruang selama lebih dari satu hingga dua jam, terlebih jika suhu udara di atas 32 derajat Celcius.

Namun, apabila perjalanan Anda dari supermarket ke rumah cukup lama, pastikan minta es batu dari penjual daging ayam supaya kesegarannya tetap terjaga.

2. Simpan daging ayam di wadah tertutup

Cara menyimpan ayam di kulkas selanjutnya yaitu menggunakan wadah tertutup rapat yang kedap udara seperti toples, plastik zipper, atau dibalut plastik wrap.

Wadah yang tertutup rapat bisa membantu memperpanjang usia daging ayam supata tidak cepat membusuk. Selain itu, manfaat menggunakan wadah tertutup bisa mengurangi bau amis dari daging ayam supaya tidak menyebar ke makanan lain yang ada di kulkas.

Baca juga: Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Radang Usus Buntu

3. Masukkan daging ayam ke dalam freezer

Penting juga untuk segera memasukkan daging ayam ke dalam freezer supaya awet dan tahan lama. Suhu freezer yang dipakai sebaiknya di -18 derajat Celcius agar membeku.

Hal ini berguna untuk menghambat pertumbuhan jamur maupun bakteri lainnya sejenis Salmonella atau Listeria-bakteri penyebab penyakit bawaan makanan.

Setelah dikemas dengan baik dan simpan di dalam freezer, daya tahan ayam mentah bisa mencapai 12 bulan atau satu tahun, merujuk Food and Drug Administration (FDA).

Sementara jika disimpan dalam chiller, daging ayam mentah hanya bertahan maksimal 2 hari. Untuk itu, letak dan suhu penyimpanan daging ayam sangat perlu diperhatikan.

Selain ketiga cara menyimpan ayam di kulkas seperti di atas, tidak kalah penting yaitu memastikan bahwa daging ayam yang dibeli memang masih segar atau baru dipotong.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews