Awas, 15 Makanan Ini Dapat Merusak Ginjal

Awas, 15 Makanan Ini Dapat Merusak Ginjal

Ilustrasi (istock)

Jakarta, Batamnews - Ginjal memiliki fungsi yang cukup vital. Mulai dari membersihkan darah dari senyawa beracun, mengendalikan keseimbangan air, hingga mengatur kadar garam di tubuh.

Dikarenakan fungsinya penting, sudah seharusnya Anda menjaga kesehatan ginjal sebaik mungkin dengan memenuhi asupan cairan dan menghindari makanan yang merusak ginjal.

Sebab jika ginjal sudah rusak hal ini akan memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, dan yang paling buruk bisa terjadi komplikasi hingga kematian.

Dirangkum dari laman Healthline, di bawah ini terdapat makanan yang bisa merusak ginjal. Makanan-makanan ini umumnya mengandung tinggi natrium, potasium, kalium, dan fosfor.

Bagi orang dengan penyakit ginjal perlu mengontrol asupan dari kandungan mineral tersebut, bahkan sebaiknya menghindari sama sekali. Sebab, ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, mineral tersebut dapat menumpuk dalam darah dan bisa membahayakan jantung.

1. Makanan kaleng

Bagi penderita penyakit ginjal sudah seharusnya menghindari segala jenis makanan kalengan, bahkan orang sehat sekalipun harus membatasinya. Perlu diketahui bahwa sebagian besar makanan kaleng mengandung kadar natrium sangat tinggi karena garam tersebut berfungsi sebagai bahan pengawet.

2. Makanan instan

Sama seperti makanan kalengan, makanan instan atau siap saji juga mengandung kadar natrium yang tinggi. Contohnya seperti mi instan, pizza beku, hotdog, kentang goreng beku, donat, atau makanan sudah matang yang dibekukan.

3. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh termasuk salah satu makanan yang merusak ginjal. Meski menyehatkan, roti jenis ini nyatanya kurang baik bila dikonsumsi penderita ginjal sebab kandungan seratnya cukup tinggi.

Semakin banyak dedak dan biji-bijian dalam roti gandum maka jumlah fosfor dan kaliumnya juga tinggi. Alternatifnya penderita ginjal bisa makan roti putih.

 

4. Acar zaitun

Makanan yang merusak ginjal selanjutnya ada acar zaitun. Ini pun berlaku untuk jenis acar lainnya yang diasamkan untuk diawetkan. Sama seperti makanan kalengan instan, acar mengandung tinggi natrium dan berpotensi merusak ginjal secara permanen.

5. Nasi merah

Serupa dengan roti gandum, nasi merah perlu dihindari penderita penyakit ginjal karena memiliki kalium dan fosfor dalam jumlah tinggi dibanding nasi putih.

Satu cangkir nasi merah matang mengandung 150 mg fosfor dan 154 mg kalium, sedangkan secangkir nasi putih matang hanya mengandung 69 mg fosfor dan 54 mg kalium.

6. Aneka produk susu

Produk susu kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi karena merupakan sumber alami fosfor, kalium, dan protein. Sayangnya, beberapa jenis makanan atau minuman dengan kandungan susu sapi kurang baik dikonsumsi penderita ginjal. Untuk susu pengganti sebaiknya konsumsi susu almond.

7. Keripik

Makanan ringan siap saji dalam kemasan seperti pretzel, keripik kentang, atau kerupuk, cenderung kurang nutrisi dan relatif tinggi garam.

Meski jumlah keripik yang dikonsumsi sedikit, Anda jangan tertipu karena kandungan natriumnya tetap tinggi.

8. Aprikot

Buah aprikot yang sudah dikeringkan juga sebaiknya dihindari karena kandungan potasium dan kaliumnya sangat tinggi.

Satu cangkir buah aprikot kering rata-rata menyediakan lebih dari 1.500 mg potasium dan sebaiknya tidak dikonsumsi untuk yang menjalani diet ginjal.

 

9. Pisang dan jeruk

Buah pisang dan jeruk termasuk makanan yang merusak ginjal karena keduanya sama-sama tinggi potasium.

Alternatif buah lain yang masih bisa dikonsumsi penderita ginjal yaitu nanas, apel, anggur, cranberry. Tapi jumlah untuk dikonsumsi tetap harus terkontrol dan tidak berlebihan.

10. Alpukat

Jenis buah lain untuk dihindari penderita ginjal adalah alpukat. Meski menawarkan banyak vitamin dan lemak sehat, buah ini kurang ramah bagi yang menjalani diet ginjal.

Alpukat adalah sumber potasium yang sangat tinggi. Satu buah alpukat berukuran sedang rata-rata menyediakan 690 mg potasium.

11. Tomat

Tomat adalah buah tinggi kandungan potasium yang kemungkinan harus dibatasi pada penderita diet ginjal. Apa pun jenis tomat, termasuk olahan tomat seperti selai, saus, dan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi.

12. Buah-buahan kering

Makanan yang merusak ginjal berikutnya adalah buah-buahan yang sudah dikeringkan seperti plum dan kismis. Dalam satu cangkir buah kering rata-rata menyediakan 1.274 mg potasium dan jumlah tersebut bisa 5 kali lipat dari varian buah mentahnya sebelum dikeringkan.

 

13. Daging olahan

Daging olahan merupakan daging yang sudah diolah kemudian diasinkan, dikeringkan, dan diawetkan supaya tahan lama.

Contohnya sosis, kornet, bacon, hot dog, dendeng, pepperoni, atau daging yang sudah dimasak seperti rendang. Meski enak, makanan tersebut telah melalui serangkaian proses olahan dan mengandung tinggi garam.

14. Kentang dan ubi

Jumlah potasium dan kalium yang tinggi ada dalam kentang serta ubi sehingga kurang baik untuk dikonsumsi orang-orang dengan riwayat penyakit ginjal.

Satu kentang berukuran sedang mengandung 610 mg potasium, sedangkan satu ubi jalar panggang berukuran sekitar 114 gram mempunyai 541 mg potasium.

15. Lobak dan bayam

Sayuran hijau seperti bayam dan lobak nyatanya tak selalu bermanfaat bagi kesehatan, terlebih bagi penderita sakit ginjal. Sebab kadar potasium di dalamnya relatif tinggi, meski sudah dimasak.

Alternatif lain daripada mengonsumsi makanan yang merusak ginjal, yaitu memilih sayuran jenis lain seperti kembang kol, kubis, asparagus, atau jamur shiitake.

(ruz)
Komentar Via Facebook :